Tidak Disangka, Begitu Penting Kalsium Untuk Ibu Hamil

susu ibu hamil frisomum
www.sheknows.com

Pasti sudah tahu kalsium untuk ibu hamil itu penting. Tapi, jika ditanya seberapa tinggi level pentingnya kalsium saat hamil, banyak yang tidak bisa menjawab. Mereka hanya tahu kalsium itu penting. Itu saja.

Untuk mengetahui seberapa penting kalsium untuk wanita hamil, ibu perlu tahu apa yang bisa terjadi ketika kekurangan kalsium saat hamil. Yang pasti, kalsium itu tidak hanya dibutuhkan oleh bayi yang ada di dalam rahim saja. Ibu hamil pun sangat membutuhkannya.

Kalsium Bukan Hanya Untuk Janin Saja

Jika ibu ikut bergabung di forum ibu dan balita, ibu akan tahu betapa pentingnya kalsium untuk bayi yang masih ada di dalam kandungan. Setidaknya, ada tiga 3 peran utama kalsium untuk bayi.

Yang pertama, kalsium dibutuhkan untuk memaksimalkan proses pembentukan tulang. Ini pasti sudah banyak diketahui karena memang kalsium itu sangat dibutuhkan untuk perkembangan tuluang, entah itu bayi yang masih ada di dalam rahim atau bayi yang sudah lahir ke dunia.

Yang kedua, kalsium ikut serta dalam proses mempercepat perkembangan sistem syaraf. Jadi, kalsium ini ternyata juga berperan penting untuk mencerdaskan otak bayi. Dan yang ketiga, peran kalsium untuk melancarkan peredaran darah.

Lalu, apa manfaat kalsium untuk ibu hamil? Sebenarnya hampir sama, yaitu memperkuat tulang. Apalagi saat ibu sedang hamil tua, tentu beban yang ibu rasakan semakin kuat. Sangat sulit bagi ibu untuk bisa beraktivitas dengan baik ketika tulang ibu tidak kuat. Ibu akan merasa lemas dan rasanya tidak kekuatan untuk aktif setiap hari.

Berbeda ketika asupan gizi berupa kalsium terpenuhi. Rasanya ibu bisa aktif layaknya tidak sedang hamil.

Bahaya Saat Ibu Hamil Kekurangan Kalsium

Apa yang bisa terjadi saat ibu tidak mampu memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil? Bahaya yang paling sering mengancam adalah osteoporosis. Jangan menganggap penyakit yang satu ini hanya dialami oleh orang-orang tua saja ya. Ibu yang usianya baru di bawah 30 tahun pun berisiko mengalami osteoporosis ketika ibu tidak memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil.

Mungkin ibu bertanya mengapa hal ini bisa terjadi? Risiko terkena osteoporosis ini sangat tinggi karena ada dua hal. Yang pertama, kebutuhan kalsium sangat banyak saat hamil. Yang kedua, kalsium pada tulang bisa saja diambi oleh bayi ketika ibu gagal memenuhi kebutuhan kalsium. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, janin pun membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang, sistem saraf, serta untuk melancarkan aliran darah. Maka dari itu, jika janin tidak mendapatkan kalsium harian dalam jumlah yang cukup, ia akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Akibatnya, ibu akan merasa nyeri pada tulang dan bahkan berisiko terkena osteoporosis.

Jadi, seberapa penting kalsium buat ibu hamil?

Sangat amat penting lagi jika ibu tahu bahaya lainnya yang bisa mengancar seorang ibu hamil yang tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi berupa kalsium ini, yaitu hipertensi. Jangan anggap sepele hipertensi atau darah tinggi ya bu. Ini tidak hanya membuat ibu merasa pusing, tapi bisa berakibat kematian ketika hipertensi ini ibu alami ketika sedang proses melahirkan. Maka dari itu, terkadang dokter menyarankan agar dilakukan operasi caesar saat ibu yang akan melakukan proses melahirkan ternyata memiliki hipertensi. Ini penyakit yang mengancam bayi dan juga ibu hamil itu sendiri.

Apalagi jika ibu sebelumnya memiliki riwayat hipertensi. Kekurangan kalsium saat hamil sangat memungkinkan ibu mengalami hal yang serupa. Tentu ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Maka dari itu, sangat penting bagi ibu untuk memastikan asupan kalsium harian terpenuhi.

Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil

Sebelum mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil, harus diketahui dulu berapa banyak kalsium harian yang harus dipenuhi. Menurut pakar kesehatan ibu hamil, seorang ibu hamil harus mendapatkan kalsium setidaknya 1.200 mg per hari. Ini jauh beda ketika ibu tidak sedang hamil yang mana kebutuhan kalsium setiap hari cukup hanya 400 mg. Jadi, ibu harus memenuhi kebutuhan kalsium 3 kali lipat dari pada yang dibutuhkan oleh wanita yang tidak hamil.

Lalu, bagaimana caranya untuk memastikan kebutuhan kalsium ibu hamil harian terpenuhi?

  1. Buat List Makanan Mengandung Kalsium

Tentu saja ibu tidak hanya perlu makan ikan sarden atan ikan salmon setiap hari. Memang kedua jenis ikan tersebut memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Menurut penelitian, kandungan kalsium di dalam ikan sarden sekitar 410 gram per 100 gram ikan sarden. Sementara itu, kandungan kalsium pada ikan salmon 28 mg per 100 gram ikan salmon. Tapi, tidak mungkin kan ibu mengkonsumsi ikan setiap hari? Pasti ibu merasa bosan.

Maka dari itu, buat menu makanan variatif. Pastikan saja kandungan kalsiumnya tinggi seperti kacang-kacangan, kismis, tahu, dan lain sebagainya. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan secara online di www.ibudanbalita.com jika ibu ingin lebih tahu lagi mengenai sumber kandungan kalsium yang baik untuk ibu hamil.

  1. Minum Susu

Sekarang ini, semakin gencar kampanye minum susu untuk ibu hamil. Tidak lain hal tersebut bertujuan agar kebutuhan gizi ibu hamil harian terpenuhi, terutama kalsium. Bahkan, bisa dikatakan ini adalah cara yang paling mudah untuk memastikan ibu mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Jadi, apakah ibu bisa memberikan kesimpulan seberapa penting kalsium untuk ibu hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *