Tidak Perlu Ke Dokter Ketika Mengalami Perut Kembung Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Source: New Age Pregnancy

Sebenarnya, perut kembung saat hamil itu hal yang sangat wajar. Ini seperti halnya mual yang dialami oleh wanita hamil muda. Jadi, perut kembung tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Akan tetapi, tentu saja perut kembung ini bisa mengganggu aktivitas ibu setiap hari. Apalagi jika ibu adalah seorang wanita karir atau business woman. Ibu perlu kondisi yang bugar. Dan kondisi yang bugar bisa ibu dapatkan ketika tidak ada keluhan kesehatan sedikit pun.

Oleh sebab itu, ibu perlu tahu apa saja yang menyebabkan perut kembung ketika hamil. Dan jika itu terjadi, ibu harus tahu apa yang harus dilakukan. Yang pasti, pergi ke dokter bukan jawaban satu-satunya. Memang konsultasi dengan dokter sangat membantu. Hanya saja, kemungkinan ibu hanya akan mendapatkan nasihat, bukan obat. Pasalnya, seorang ibu hamil disarankan tidak mendapatkan bermacam-macam obat apalagi yang bersifat kimiawi. Toh sebenarnya seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perut kembung itu hal yang wajar bagi ibu hamil, kan?

Ibu Hamil Rawan Mengalami Perut Kembung

Bukan hanya sekedar wajar. Memang lebih banyak ibu hamil yang mengalami perut kembung.

Tentu hal ini ada penyebabnya. Para ahli medis ingin menjelaskan sejelas-jelasnya tentang kondisi seperti ini. Penjelasan ini diperlukan agar seorang ibu hamli tidak merasa terlalu khawatir ketika sedang mengalami perut kembung.

Menurut medis, perut kembung saat hamil itu disebabkan adanya penebalan pada endometrium. Ini berada di dalam rahim. Penebalan ini menyebabkan aliran darah ke rahim semakin deras. Walhasil, perut bagian bawah tertekan dan menyebabkan perut kembung.

Hal tersebut semakin diperparah ketika ibu juga mengalami sembelit. Pasalnya, saat ibu mengalami masalah pencernaan yang satu ini, gas di dalam perut semakin banyak lantaran sisa makanan tidak segera dikeluarkan.

Begitu juga ketika ibu tidak banyak melakukan aktivitas. Ibu sangat rawan mengalami perut kembung saat hamil. Apakah ada kaitan antara perut kembung dengan jarang melakukan aktivitas? Tentu saja ada. Saat ibu jarang melakukan aktivitas, secara otomatis berat badan ibu bertambah. Dan jika pertambahan berat badan ini di atas normal ibu hamil, perut akan lebih banyak menampung gas. Sama seperti ketika ibu mengalami sembelit. Akibatnya, ibu rentan sekali terkena perut kembung.

Dari keterangan tersebut, ada faktor medis yang memang tidak bisa dihindari, yaitu karena faktor penebalan endometrium di dalam rahim. Akan tetapi, ada juga faktor lainnya yang bisa dikatakan itu adalah faktor kesalahan atau kelalaian ibu hamil itu sendiri, yaitu jarang berakivitas fisik dan mengalami sembelit karena kurang mengkonsumsi serat.

Terlepas dari faktor penyebab perut kembung saat hamil tersebut, yang paling penting adalah bagaimana ibu mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi Perut Kembung Sebaiknya Dilakukan Tanpa Obat

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara mengatasi perut kembung, ibu bisa coba konsultasi dengan dokter kandungan di www.ibudanbalita.com. Di sana, ibu bisa menanyakan apakah ada obat yang bisa mengatasi perut kembung saat hamil.

Kemungkinan besar, ibu tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kembung saat hamil itu hal yang wajar. Ada faktor medis yang memang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, yang perlu dilakukan adalah mengantisipasi agar perut kembung tidak semakin parah.

Bagaimana cara mengatasi perut kembung saat hamil?

  • Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Gas

Sebaiknya ibu harus ingat-ingat atau mencatat makanan apa saja yang bisa menimbulkan gas di dalam perut. Seperti yan sudah disinggung sebelumnya, gas yang ada di dalam perut itulah yang menjadi penyebab perut kembung ketika hamil.  Di antara makanan yang mengadung gas adalah kembang kol, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan. Sebaiknya, saat ibu lebih sering mengalami kembung, hindari mengkonsumsi makanan semacam itu.

  • Menerapkan Pola Makan Yang Baik

Bagaimana pola makan yang baik saat hamil? Yang pasti, beda dengan ibu yang tidak sedang hamil.

Jika ibu selama ini makan 3 kali sehari, ibu bisa mengkonsumsi makanan lebih dari 3 kali sehari saat sedang hamil. Hanya saja, porsinya tidak boleh besar. Pastikan porsinya kecil. Jadi, frekuensinya yang ditambah namun porsinya dikurangi. Inilah pola makan yang baik bagi seorang ibu hamil.

  • Minum Susu

Ada yang bilang susu itu menyebabkan mual. Dan mual ini bisa diawali dengan perut kembung. Padahal, kesimpulan tersebut belum tentu benar. Ibu bisa coba dulu mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama. Ini adalah susu yang tidak menyebabkan perut kembung. Bahkan, ini bisa dikatakan susu yang membuat sistem pencernaan bisa beradaptasi dengan perubahan. Akibatnya, perut kembung bisa dihindari.

Memang banyak yang mengatakan setelah minum susu justru mereka merasa mual dan kembung. Hal tersebut disebabkan karena pemilihan susu yang salah. Ibu bisa ikuti diskusi di forum ibu dan balita. Di sana, biasanya ada ibu hamil yang mengeluhkan mual dan kembung setelah minum susu. Hal tersebut karena mereka salah dalam memilih susu ibu hamil.

Susu ibu hamil yang terbaik itu bukan susu yang mengandung nutrisi terlengkap saja, tapi harus seimbang. Kriteria ini sudah ada di dalam susu Frisian Flag Mama. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memilih susu ini.

Sekarang ibu sudah tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung. Yang pasti, hindari mengkonsumsi obat dulu. Lakukan alternatif lain yang bisa menyembuhkan perut kembung saat hamil tanpa harus minum obat.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *