Tidak Perlu Khawatir Menyerahkan Urusan Tumbuh Kembang Balita kepada Baby Sitter

Tumbuh Kembang Balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita sangat dipengaruhi oleh siapa yang berada di sekitar si kecil. Lingkungan sangat memberikan pengaruh apakah perkembangan anak baik atau justru sebaliknya tentunya tanpa mengesampingkan pentingnya nutrisi yang ibu berikan dari makanan dan minuman.

Oleh sebab itu, membuat lingkungan yang baik itu sangat dibutuhkan demi perkembangan balita. Lalu, bagaimana jika ibu tidak bisa menemani si kecil setiap hari karena ibu harus bekerja? Amankan menyerahkan urusan mengurus balita kepada baby sitter?

Tentu saja alternatifnya adalah menyewa jasa baby sitter. Akan tetapi, ibu harus hati-hati memilih baby sitter. Ia adalah pengganti ibu untuk beberapa jam lantaran ibu harus bekerja. Berikut beberapa hal yang harus ibu pertimbangkan.

Mempekerjakan Baby Sitter dari Perusahaan Penyalur Profesional

Sekarang ini tidak sulit mencari baby sitter. Ada perusahaan yang memang fokus untuk menyalurkan tenaga-tenaga ahli yang sudah dilatih untuk merawat bayi. Mereka sudah mendapatkan training khusus tentang bagaimana mengasuh bayi hingga balita. Untuk itu, ibu tidak perlu khawatir menyerahkan urusan apapun. Baby sitter yang sudah ditraining seperti ini sudah tahu seputar tumbuh kembang balita. Setidaknya mereka sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan tidak hanya tentang cara mengurus balita tapi juga berperan untuk tumbuh kembangnya.

Selain itu, dengan memperkerjakan seorang baby sitter dari penyalur resmi, ibu tidak perlu lagi was-was dengan beberapa kasus penculikan balita yang dilakukan oleh baby sitter. Karena berasal dari perusahaan resmi, ada rekam jejak, data diri, dan lain sebagainya sehingga resiko kasus tersebut sangat kecil.

Mengontrol by Phone

Walaupun ibu sudah menyerahkan perawatan serta urusan yang berhubungan dengan tumbuh kembang balita kepada seorang baby sitter profesional, bukan berarti ibu bisa lepas tangan begitu saja. Sesekali ibu sebaiknya mengontrol keadaan balita ibu. Ibu bisa menelpon baby sitter di jam-jam tertentu untuk menanyakan keadaan si kecil.

Kenapa hal ini sangat penting? Karena sebagai orang tua, ibu harus mengetahui keadaan si kecil dari waktu ke waktu. Walaupun ibu tidak berada balita, setidaknya ibu bisa mengontrol by phone.

Bermain dengan Si Kecil Ketika Weekend

Sesibuk apapun ibu, sebaiknya ibu meluangkan waktu untuk bersama si kecil dan mengawasi tumbuh kembang balita. Mungkin, dari 7 hari yang ibu miliki, ada dua hari yang khusus ibu gunakan untuk bermain dengan si kecil, yaitu weekend.

Ini cara yang paling tepat mengingat ibu adalah seorang wanita karir. Artinya, ibu tidak menyerahkan sepenuhnya urusan perkembangan balita kepada baby sitter saja. Walaupun baby sitter yang ibu pekerjakan sudah memiliki keahlian untuk mengurus balita, peran ibu secara langsung jelas diperlukan. Jangan sampai justru balita ibu lebih dekat dengan baby sitter daripada ibu sendiri. Tentu itu merupakan hal yang ironis sekali.

Jadi, tidak ada masalah jika ibu mempekerjakan baby sitter untuk menangani masalah si kecil. Ibu bisa tenang bekerja tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan si kecil. Ia sudah berada di tangan orang yang tepat.

Terlepas dari itu semua, ibu harus hadir untuk melihat langsung tumbuh kembang balita setidaknya pada waktu weekend. Ajaklah si kecil bermain di luar seperti di taman kota, kebun binatang terdekat, atau tempat terbuka lainnya.

Namun, yang tak kalah penting lagi, ibu harus pastikan nutrisinya seimbang. Karena hanya dengan nutrisi seimbanglah ibu bisa melihat optimalnya tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *