Tidak Perlu Merasa Bersalah Jika Harus Meninggalkan Si Kecil Bekerja

Ibu dan balita
Ibu dan Balita

Tidak ada salahnya jika ibu terus menjadi seorang wanita karir dan harus meninggalkan si kecil di rumah. Hal tersebut memang tidak wajar pada dahulu kala. Namun, sudah menjadi hal yang biasa saat ini mengingat wanita pun sekarang bisa berkarir layaknya laki-laki.

Apakah hal tersebut membuat si kecil kehilangan kasih sayang?

Dan apakah itu artinya ibu kurang memberikan perhatian kepada si kecil?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ibu harusnya mencari tahu dulu apa yang disebut dengan perhatian. Apakah perhatian hanya sekedar menemani si kecil setiap waktu di rumah?

Dan apakah anak akan mendapatkan kasih sayang yang cukup ketika ibu selalu berada di rumah?

Tidak juga, kan?

Itulah mengapa ibu tidak boleh ragu dan merasa bersalah jika harus meninggalkan si kecil untuk bekerja di luar rumah.

Memberikan Perhatian Kepada Si Kecil

Yang pasti, jika ibu menjadi seorang wanita karir dan harus bekerja mulai pagi hingga sore hari, hal tersebut tidak lantas membuat ibu kurang dalam memberikan perhatian. Asalkan ibu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • ┬áBaby Sitter yang Baik

Ibu harus siapkan pangasuh bayi atau baby sitter yang baik. Yaitu baby sitter yang setidaknya sayang sekali dengan anak ibu dan merawat layaknya anak sendiri.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan pengasuh bayi yang seperti itu. Kebanyakan mereka hanya menganggap menjadi pengasuh bayi adalah sebuah pekerjaan sehingga jika tanggungjawabnya sudah selesai, maka sudah selesai pula pekerjaanya.

Harusnya lebih dari itu. Ibu harus mendapatkan seorang pengasuh bayi yang benar-benar sayang dengan si kecil.

  • Menyiapkan Menu Makanan yang Baik

Walaupun ibu bekerja dan si kecil bersama dengan pengasuh bayi, bukan berarti ibu menyerahkan semua masalah perawatan kepada pengasuh. Ibu juga harus ikut serta setidaknya dalam hal memilihkan menu makanan yang harus dikonsumsi oleh si kecil.

Ibu bisa membeli bahan-bahan makanan yang bisa dimasak oleh baby sitter pada waktu weekend. Jadi, ibu bisa pastikan bawasannya si kecil mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan.

Dan jangan lupa ibu belikan juga susu balita yang terbaik ya. Tidak perlu repot lagi karena sekarang ibu bisa membeli susu Frisian Flag secara online.

  • Meluangkan Waktu Bersama Si Kecil

Mungkin saja pengasuh bayi menginap di rumah. Akan tetapi, sebisa mungkin ketika ibu sudah pulang dari kerja, ibu langsung yang menjaga si kecil, bukan pengasuh bayi.

Selain itu, ketika weekend tiba, ibu seharusnya meluangkan semua waktu untuk si kecil. Tidak ada alasan untuk tetap bekerja di rumah ketika libur. Harusnya semua waktu ibu curahkan untuk si kecil.

Fenomena yang Terjadi

Memang tidak salah jika ada wanita karir yang akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya lantaran ia hamil. Kebanyakan mereka berniat untuk menjaga bayinya sendiri ketika sudah lahir nanti.

Namun, apa tidak lebih baik jika melihat dari sudut padang yang lain. Bukan berarti ibu bekerja lantas mengurangi perhatian dan pemberian kasih sayang kepada si kecil.

Sayangnya, fenomena resign karena ingin fokus merawat bayi sendiri sangat banyak terjadi.

Sekali lagi, itu pilihan dan bukan keputusan yang salah.

Akan tetapi, tidak salah juga jika ibu tetap bekerja. Toh akhirnya anak ibu sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya ketika ibu bekerja dan menabung untuk masa depan anak.

Mungkin ibu bisa sesekali konsultasi dengan pakar perkembangan anak untuk memastikan apakah pola asuh yang ibu lakukan selama ini sudah baik atau tidak. Kunjungi www.ibudanbalita.com untuk bisa langsung konsultasi secara online dengan pakar perkembangan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *