Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak Di Musim Flu

Sistem Kekebalan Tubuh
Image Source: Local.com

Orang tua macam apa, sih, yang bahagia melihat buah hatinya sakit? Tentu semua orang tua menginginkan si kecil sehat sentosa. Melihat anak bermain penuh tawa kebahagiaan seolah menjadi faktor senang tersendiri bagi orang tua. Namanya hidup, roda memang selalu berputar, ada kalanya sistem kekebalan tubuh ada di posisi bawah. Apalagi di musim flu, Bakteri dan kuman dengan sukarela menyerang anak seperti mendapat tempat singgah gratis.

Anak kerap bersin dan mengeluh hidung terasa mampet. Belum mendengar raungan kesakitan si kecil. Kalau sudah begini, anda mungkin ingin berpikir untuk mulai menyediakan pola makan yang membantu sistem kekebalan tubuh. Seperti kata orang dulu, jalan menuju cinta adalah melalui perut seseorang. Bisa disimpulkan makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh akan sangat berguna guna pencegahan maupun penyembuhan kesehatan si kecil.   

  1. Sup ayam
    Rasanya tidak ada makanan yang lebih terasa ‘rumah’ dibanding sup ayam. Sejak manusia mengenal masakan, seolah – olah sup ayam bukan lagi makanan asing di negara manapun, era kapanpun. Kuah sup ayam sudah bisa menghangatkan hati penikmatnya ditambah rasa ayam yang lezat nan gurih. Banyak ibu percaya bahwa sup ayam meredakan penyakit flu, dan memang sudah ada buktinya. Ternyata, kepercayaan ini bukan isapan jempol belaka. Sebuah universitas di Nebraska mengadakan eksperimen untuk menguji keampuhan sup ayam secara ilmiah. Melibatkan 13 merek mie kuah instant dengan rasa berbeda, termasuk sup ayam, ditemukan bahwa hanya sup ayam yang efektif meringankan migren hasil peradaan sel putih. Asal anda tahu saja, flu sebenarnya respon dari akumulasi sel putih di dalam bronkotitis.
    Saat ayam dimasak dengan cara direbus (untuk membuat daging lebih empuk), senyawa asam amino cysteine keluar dari dalam ayam. Uniknya, senyawa yang sedari tadi bersembunyi dalam ayam banyak ditemukan dalam kandungan obat bronkotitis termasuk flu menjadi kunci teori hubungan antar sup ayam dan flu. Kuah sup ayam yang terasa menghangatkan hati ternyata melarutkan dahak dalam tenggorokan seperti halnya obat batuk. Bahkan jika anda ingin membuat sup ayam lebih ‘nendang’ untuk kuman, menambahkan bawang putih adalah ide bagus.
  2. Bawang putih
    Pernahkah anda mendengar kisah klasik mengenai vampir? Ya, mahluk yang digambarkan tampan dengan hobi menghisap darah perempuan dipercaya tidak menyenangi bau bawang putih. Tanpa dijelaskan lebih jauh, anda tentu tahu kenapa bawang dijauhi hanya karena aroma yang aneh. Dibalik bau bawang yang cukup aneh terutama saat bawang belum dimasak, ternyata tersimpan manfaat yang cukup luar biasa. Bagaimana tidak, dalam satu bawang saja sudah cukup kaya allicin. Senyawa allicin memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan bakteri.
    Sebuah penelitian di Inggris mencoba membuktikan keampuhan dari bawang. Melibatkan 146 orang yang secara suka rela memakan bawang selama 12 minggu atau bisa dibilang 3 bulan. Bawang yang disajikan sendiri dalam bentuk mentah maupun ekstrak. Hasilnya cukup baik dimana peserta yang rajin mengkonsumsi bawang memiliki kemungkinan 30 persen lebih rendah untuk terkena kanker kolesterol. Bahkan pada penelitian lain menunjukkan penggemar bawang putih telah berhasil menurunkan 50 persen resiko terkena kanker perut. Tunggu apa lagi? Ayo mulai kreatif untuk menghidangkan bawang putih di meja makan anda mulai dari sekarang!
  3. Mahluk laut
    Dunia laut memang sangat luas, hingga kini manusia belum berhasil menjelajahi seluruh lautan, hanya sebagian kecil saja. Kendati demikian, jarang sekali ditemukan satu mahluk laut yang tidak layak konsumsi. Bahkan sebagian besar mahluk laut cenderung menguntungkan tubuh saat dikonsumsi setiap harinya. Mari ambil contoh beberapa mahluk laut murah nan mudah ditemukan namun bermanfaat seperti ikan salem dan makarel. 2 ikan tersebut cukup sering ditemukan di pasaran terlebih di Indonesia yang kaya laut dengan banyak mahluk di dalamnya. Ikan salem dan makarel memiliki kandungan omega – 3 yang cukup tinggi, dimana omega sangat berguna untuk mengurangi radang, dan membuat paru – paru terasa lebih bebas sehingga mencegah flu bertambah parah.
    Mahluk laut nanggung sekalipun bisa menawarkan anda kesehatan. Yang dimadsud disini adalah mahluk dua alam dimana tipe satu ini bisa hidup di laut maupun di darat. Kepiting adalah salah satu contoh yang cukup bagus. Banyak masyarakat Indonesia menggemari mahluk bercangkak dengan capit tajam satu ini. Mulai dari restoran besar sampai warung kecil sekalipun semua mampu menyediakan kepiting dari beragam cara memasak. Sesi makan terasa sangat seru ketika mencoba mengeluarkan isi daging kepiting. Tidak hanya memanjakan lidah, kepiting ternyata menyehatkan. Kepiting mampu membantu sel darah putih memproduksi cytokine, suatu senyawa tubuh yang berperan sebagai tentara tubuh.

Demikian tadi 3 bahan utama yang mampu membantu anak anda mempertahankan kesehatan atau bahkan mengobati penyakit anak anda terutama di musim flu. Sebetulnya kebanyakan dari bahan makanan diatas juga banyak dijual di pasaran dalam berbagai bentuk dan kemasan. Anda, bisa juga memilih untuk memasak sendiri di rumah bila ingin menyediakan bahan makanan dalam kondisi segar dan enak. Manapun itu, usahakan agar si kecil merasa nyaman mengkonsumsi karena saat tubuh tidak begitu sehat, lidah tidak mampu merasakan kelezatan makanan. Bila masih menolak, terus berusaha memutar otak supaya anak mau mengkonsumsi bahan makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *