Tips Aman Membawa Si Kecil Jalan-Jalan Pakai Mobil

Mengetahui Posisi Car Seat yang Tepat
www.ibudanbalita.com

Masih takut membawa si kecil jalan dengan menggunakan mobil? Seharusnya tidak lagi. Apalagi sekarang sudah ada cara agar bayi aman berada di dalam mobil.

Sebenarnya, hal ini tidak hanya terkait dengan keamanan berkendara untuk bayi saja. lebih dari itu, si kecil harus merasa nyaman agar tidak rewel ketika berada di perjalanan.

Lalu, apa saja yang harus ibu lakukan?

Mengajak Si Kecil Berkendara

Apa yang ada di benak ibu jika akan membawa si kecil berkendara dengan mobil? Yaps, betul sekali. Car seat. Ini merupakan kursi yang didesain khusus untuk sang buah hati.

Meskipun demikian, bukan berarti keamanan sudah 100% persen jika ibu tempatkan si kecil di tempat duduk tersebut. Tetap saja ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan seperti bagaimana penempatan car seat dan apa yang tidak boleh berada di sebelah car seat. Lebih lengkapnya, ibu bisa baca tips menggunakan car seat di www.ibudanbalita.com.

Terlepas dari itu, ada hal lain yang tak kalah pentingnya dibandingkan dengan car seat.

  1. Memasang Kaca Pelindung

Tentu saja ibu tidak ingin si kecil rewel karena panas, bukan? Menghidupkan AC saja tidak cukup. Ibu harus melindungi si kecil dari terik sinar matahari jika ibu mengajak si kecil berkendara di siang hari.

Oleh sebab itu, ibu bisa memasang kaca pelindung dari sinar matahari. Kaca tersebut biasanya mudah dipasang dan juga mudah untuk dibongkar kembali. Dengan memasang kaca seperti itu, maka si kecil tidak akan merasa kepanasan karena terik sinar matahari.

Selain itu, si kecil akan mudah terlelap. Ia tidur dengan nyenyak karena ia tidak silau dengan sinar matahari lantaran jendela mobil sudah dipasangi dengan kaca pelindung.

  1. Membawa Mainan Kesukaan

Ibu harus siap jika si kecil rewel. Apalagi jika si kecil sudah mulai belajar jalan. Ia akan sulit sekali untuk duduk dan diam di dalam mobil.

Agar ia bisa duduk tenang, ibu bisa alihkan perhatiannya dengan cara membawakan mainan yang sangat ia sukai. Buatlah dia sibuk dengan mainan tersebut sehingga ia tidak rewel ingin berdiri dan berjalan ketika berkendara dengan mobil.

  1. Baca Cemilan

Apakah balita ibu sudah berusia di atas 6 tahun? Jika sudah, itu artinya ibu bisa memberikan cemilan.

Cemilan ini sangat penting karena si kecil akan mudah sekali merasa lapar. Dengan memberikan cemilan, setidaknya si kecil tidak terlalu merasa lapar pada kondisi di mana tidak mungkin berhenti untuk menyuapi si kecil.

Selain itu, jangan lupa juga membawa susu Frisian Flag. Susu dengan kaya nutrisi ini akan membuat si kecil tetap segar dan bugar selama perjalanan.

Hal Buruk Yang Bisa Terjadi

Memang mengajak si kecil berkendara dengan mobil sangat beresiko. Banyak bayi atau balita yang akhirnya mengalami masalah kesehatan.

Kebanyakan bayi atau balita mengalami muntah dan kelelahan karena melakukan perjalanan jauh.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya ibu pastikan dulu bawasannya kondisi kesehatan si kecil sangat baik sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, ada baiknya ibu sering berhenti di rest area walaupun hanya sekedar membuat si kecil tidak bosan dan bisa leluasa bergerak. Sembari istirahat, ibu bisa menyuapi si kecil dengan makanan yang sudah ibu siapkan.

Ibu juga perlu memberikan massage kepada si kecil ketika sampai di tempat tujuan atau sudah pulang ke rumah. Hal ini penting karena getaran di dalam mobil akan membuat tubuh si kecil merasa pegal-pegal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *