Tips Cara Memandikan Bayi yang Benar

cara memandikan bayi yang benar
Johnson’s Baby Indonesia

Sebagai seorang ibu muda cara memandikan bayi yang benar mungkin akan terlihat sulit dan akan kaku jika dipraktekkan. Namun, Bunda harus mencoba sendiri di rumah setelah membaca artikel berikut tentang tips cara memandikan bayi yang benar. Sehingga anda dapat memandikan buah hati anda dengan baik. Dan pastinya akan menyenangkan, Bunda. Kegiatan memandikan bayi yang baru lahir kerap membuat ibu muda atau pasangan suami istri yang baru memiliki buah hati menjadi bingung. Hal ini terlihat dari minggu pertama dimana tali pusarnya belum ‘puput, kulit bayi masih lembek atau empuk dan takut kulitnya yang lembut terluka. Pada dasarnya untuk bayi yang baru lahir disarankan oleh dokter untuk tidak memandikan dengan cara diguyur air atau terlalu lama merendam di bak mandi. Bayi yang baru lahir cukup dimandikan dengan menggunakan waslap saja. Berikut ini akan dibahas lebih rinci tips memandikan bayi lahir untuk ibu muda.

Berikut ini adalah tips cara memandikan bayi yang benar. Kegiatan memandikan bayi merupaka kegiatan penting yang harus dilakukan secara benar oleh orang tua. Terutama bagi seorang Ibu. Selain itu uga bertujuan untuk membersihkan badan bayi. Cara  memandikan bayi perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai bayi, sebab kita ketahui bahwa kondisi bayi yang masih kecil dan lemah. Terlebih tulang-tulang pada tubuh bayi anda belum terbentuk dengan sempurna. Selain itu, kegiatan memandikan bayi merupakan bagian penting dari perawatan bayi. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para Bunda untuk memandikan bayi:

  1. Pertama Bunda harus menyiapkan keperluan mandi bayi, mulai dari peralatan bak mandi, handuk, washlap, sabun, shampo dan lain sebagainya.
  2. Kedua mandikan buah hati anda dengan menggunakan air hangat. Isi bak mandi bayi anda denga air hangat 36-37 C. Ingat jangan terlalu panas, periksalah dengan tangan anda rasakan, sebelum anda memandikan bayi anda.
  3. Jika semua persiapan sudah selesai anda dapat membuka baju bayi anda secara perlahan. Kemudian, bungkus badan bayi anda dengan handuk. Lalu, baringkan pada alas yang anti air. Sehingga bayi anda tidak kedinginan.
  4. Langkah awal bersihkan kelopak mata dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air hangat dan diperas secara perlahan.
  5. Pada washlap yang sudah basah tadi beri sedikit sabun bayi usahakan yang cair, lalu bersihkan tubuh bayi dengan perlahan. Tutup bagian tubuh bayi yang tidak dibersihkan dengan handuk.
  6. Kemudian usap bagian telinga luar bayi dengan washlap secara hati-hati agar air dari washlap tidak masuk ke dalam telinga. Dan yang penting adalah jangan lupa membersihkan bagian-bagian lipatan pada tubuh bayi seperti leher, tangan, dan kaki.
  7. Bunda juda dapat memberikan shampo sedikit saja pada waslap kemudian gosokkan perlahan pada kepala bayi. Basuh perlahan dengan air atau washlap untuk menghilangkan busa.
  8. Pada bagian kelamin, bunda dapat membersihkan mulai dari arah depan ke belakang bersihkan dengan sangat hati-hati.
  9. Setelah bersih pindahkan bayi anda pada tempat yang lebih kering disarankan pindahkan ke tempat tidur. Kemudian, keringkan kepala, wajah, tubuh, tangan dan kakinya secara halus dengan handuk yang halus.
  10. Segeralah gosok bagian seluruh tubuh bayi dengan minyak telon. Dengan memberikan minyak telon dan bedak dapat membuat bayi mejadi lebih hangat. seerta pakaikan bau hangat dan popok pada bayi.

Tips di atas cara memandikan bayi yang benar untuk para Bunda baru semoga dapat membantu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *