Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Anak Balita

kesehatan anak balita
www.ibudanbalita.com

Kesehatan anak balita jika tidak dijaga dengan baik bisa berakibat sangat buruk terhadap tumbuh kembang balita itu sendiri. Ingat masa ini adalah masa dimana pertumbuhan dan perkembangan sedang begitu pesatnya.

Dan supaya tumbuh kembang balita bisa berjalan secara optimal, sudah menjadi keharusan bagi orang tua untuk selalu menjaga kesehatan anak balita secara maksimal. Sebab dengan sehat secara fisik dan psikis akan membuat tumbuh kembang si kecil akan lebih maksimal tentunya.

Untuk menjaga kesehatan si kecil ini banyak hal yang harus Anda lakukan. Jadi tidak cukup hanya memasrahkan ke dokter anak saja. Namun peran Anda sebagai orang tua juga sangat penting dalam situasi ini.

Kiat Menjaga Kesehatan Anak Usia Balita

Anak usia 12 bulan atau 1 tahun ini adalah masa dimana  anak sedang aktif-aktifnya dan anak sudah mulai berekplorasi. Mulai dari merangkak hingga si kecil sudah mulai memasukkan beragam benda yang ditemuinya ke mulutnya.

Melihat kondisi tersebut, Sebagai orang tau Anda perlu terus memantau dan menjaga kesehatan anak batita Anda ini dengan baik. Sebab pada fase ini si kecil sangat rentan sekali terkena masalah pada kesehatannya.

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, secara otomatis banyak hal baru yang perlu untuk dipelajari dan dilakukan untuk menunjang perkembangannya. Oleh sebab itu dalam situasi ini penting bagi orang tua selalu memperhatikan perkembangan si kecil dan apa yang dibutuhkannya.

Olah sebab itu kreatif merupakan hal yang sangat penting bagi para orang tua dalam menyikapi tumbuh kembang buah hati Anda tercinta. Apalagi pada saat menjaga kesehatan pada anak balita Anda ini.

Untuk menjaga kesehatan anak usia ini, Anda dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam menghadapi anak. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna menjaga kesehatan anak usia dini:

  1. Jaga Makanan Si Kecil

Pada usia ini umumnya anak akan lebih penasaran dengan apa yang berada di sekitarnya, termasuk makanan yang Anda konsumsi. Umumnya para orang tua akan terdorong untuk memberikan beragam jenis makanan pada si kecil.

Namun yang perlu Anda pahami sebenarnya adalah tidak semua jenis makanan aman untuk dikonsumsi oleh anak usia ini. Untuk itulah jangan sampai Anda sembarangan memberikan, terutama jenis makanan yang bisa membuat si kecil tersedak.

Jika Anda ingin memberikan sayuran dan buah-buahan, usahakan untuk memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu. Selain itu, perhatikan juga tingkat kelembutan makanan yang akan Anda berikan pada si kecil.

Sebaiknya hindari memberikan makanan yang berukuran kecil namun keras, misalnya seperti kacang, permen, popcorn, dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan bisa menimbulkan infeksi jika tersangkut di jalur pernapasannya.

Selain itu untuk menjaga  kesehatan anak usia di bawah 5 tahun ini, hindari mengkonsumsi jenis makanan  yang meski lembut namun bertekstur lengket. Makanan seperti permen karet atau masrhmellow sebaiknya Bunda hindari, sebab potensi makanan ini tersangkut di tenggorokan si kecil sangat besar.

Begitupun juga dengan selai kacang, makanan ini juga termasuk jenis makanan yang berpotensi menyulitkan si kecil untuk menelannya. Untuk itulah sebaiknya Bunda hindari. Jangan sampai lantaran keteledoran Anda, memberikan bahaya bagi si kecil.

  1. Lakukan Imunisasi

Imunisasi ini merupakan hal yang penting guna menjaga kesehatan anak usia 1-2 tahun. Untuk itulah ingat baik-baik jadwal imunisasi si kecil dan jangan sampai Bunda melewatkannya.

Pada anak usia 12-18 bulan ini imunisasi yang wajib untuk dilakukan seperti imunisasi polio, MMR. DPT ulangan, campak, tifoid, influenza, hepatitis A, pneumokokus, dan varisela.

  1. Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Jangan salah, tidur ini bisa dibilang kegiatan yang tidak kalah pentin untuk balita. Memeprhatikan pola tidur si kecil juga merupakan upaya yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan anak yang masih balita.

Tidur yang cukup ternyata bisa membantu tubuh si kecil untuk menangkal penyakit, membantu pertumbuhannya, membuat daya ingatnya semakin bagus, dan dapat membuat si kecil bisa berpikir jernih.

Pada saat usia anak 1-3 tahun, si kecil setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur sebanyak 12-14 jam sehari semalam. Jadi upayakan supaya si kecil tidak melewati tidur siang dan juga jangan sampai si kecil tidur terlalu larut malam.

  1. Biasakan Cuci Tangan dan Kaki Sebelum Tidur

Menjaga kesehatan anak umur di bawah 5 tahun bisa juga diupayakan dengan membiasakan mencuci tangan dan kaki sebelum tidur. Ini dimaksudkan untuk menjaga si kecil supaya terhindar dari beragam penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan melakukan tindakan ini adalah penyakit kaki, tangan, dan mulut. Bahkan bisa dikatakan jika penyakit ini termasuk jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus enterovirus.

Balita usia 1 tahun sampai dengan 4 tahun yang paling beresiko terserang penyakit jenis ini. Jika balita Anda terjangkit penyakit jenis ini umumnya akan muncul melepuh atau ruam atau bintik merah pada tangan atau kakinya.

Ruam ini umumnya berisi cairan dan membentuk sebuah gelembung kecil atau bisa datar. Selain itu si kecil kemungkinan besar juga akan mengalami sakit pada tenggorokannya. Umumnya penyakit ini akan berlangsung selama 3 sampai dengan 5 hari.

Dikarenakan anak balita ini masih sangat rentang terhadap serang penyakit, selain itu juga belum bisa menjaga kesehatannya sendiri, maka untuk itulah peran orang tua dalam menjaga ini sangat diperlukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *