Tips Dan Posisi Tidur Ibu Hamil

posisi tidur ibu hamil
Image Source: Pregnancy Week

Masa kehamilan memang sesuatu yang membahagiakan namun penuh dengan kewaspadaan. Bahagia karena buah hati yang ditunggu – tunggu setelah melakukan banyak percobaan program kehamilan akhirnya terlaksana. Waspada dalam arti berhati – hati dalam bertindak serta mengambil keputusan. Apapun yang anda lakukan, mulai dari makanan yang anda konsumsi setiap hari sampai dengan posisi tidur ibu hamil akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin, yang mana berujung pada kelahiran anak anda nanti. Beruntung sekali, disini tidak hanya membahas mengenai posisi tidur ibu hamil terbaik namun juga berbagi tips untuk anda agar kualitas tidur menjadi lebih aman. Lebih baik tidur sebentar tapi berkualitas dibanding tidur seharian namun bikin pusing, bukan?

Sebelum ada janin berkembang dalam perut anda, mungkin tidur tengkurap menjadi posisi favorit banyak orang. Betapa tidak? Tidur tengkurap tidak hanya membuat badan anda terasa lebih sejuk karena dinginnya lantai langsung mengenai anda, tapi juga membuat badan anda pasrah betul terhadap gravitasi bumi. Sayangnya, usia kehamilan berapapun tidur tengkurap adalah salah satu pantangan posisi tidur ibu hamil. Bila kehamilan anda masih berusia seminggu mungkin anda tidak merasakan apapun meski sama berbahaya dengan saat anda sudah mencapai usia kehamilan 6 bulan lebih.

Mengapa? Berat badan janin akan membebani tulang punggung, otot belakang, dan sirkulasi darah yang
mana menghambat aliran darah ke seluruh tubuh anda dan janin. Analoginya sama dengan jalanan yang tertutup tanah longsor, padahal mungkin muatan yang dibawa sangat penting. Janin sangat membutuhkan aliran darah dari anda, tanpanya, calon bayi tidak mampu bertahan hidup. Resiko tidur tengkurap lain termasuk namun tidak terbatas bangun dengan rasa pegal, nyeri otot, sampai dengan bengkak. Dikarenakan aliran darah tidak lancar, banyak perempuan hamil merasa pusing, mencoba duduk malah bisa mengalirkan darah ke otak dan bisa berbahaya. Terakhir, dan sedikit memalukan, anda bisa mengorok keras, bila pasangan anda sudah cukup berisik saat tidur, bisa – bisa kalian berdua mengadakan ‘konser ngorok’ tengah malam.

Secara medis disarankan agar posisi tidur ibu hamil menghadap ke samping terutama ke arah kiri. Tidak ada yang tahu pasti mengapa harus di arah kiri, dan belum ada penelitian atau studi yang menunjukkan bahwa kiri lebih baik daripada kanan. Selain itu, tekuk sedikit kaki ibu hamil seperti saat duduk hanya saja dalam situasi berbaring. Bila usia kehamilan anda masih muda, memeluk pasangan sambil tidur bisa menjadi pilihan yang tepat. Cuddling atau berpelukan sambil berbaring terlebih dengan orang yang dicintai mampu melepaskan endorphin penyebab rasa bahagia, tentu ibu hamil membutuhkan kondisi psikologis baik. Kala kehamilan anda bertambah tua, menempel pada pasangan tentu bukan lagi memberikan rasa nyaman, mengingat perut anda seolah menjadi tembok penghalang ditambah berbagai rasa tidak nyaman. Bila anda senang mengkoleksi bantal dan guling, kini saat yang tepat untuk memanfaatkan koleksi anda tersebut. Peluk guling di bagian depan, sanggah punggung dengan bantal, dan satu lagi di kepala, dijamin anda tidur aman nyaman dan tenang.

Kini anda sudah tahu bagaimana cara posisi tidur ibu hamil aman dan tenang saat hamil. Tiba saatnya anda harus memikirkan tindakan atau rutinitas anda sebelum beranjak ke atas tempat tidur. Kopi telah menjadi bagian dunia, banyak orang memulai rutinitas harian dengan meminum secangkir kopi guna mempercepat ‘nyawa’ kembali masuk ke badan. Sayangnya kandungan kafein yang tinggi dalam kopi tidak mendukung ibu hamil tidur nyenyak, malahan hanya membuat bunda kesulitan tidur. Usahakan menghindari kopi, atau teh agar anda lebih mudah dan lelap tidur bahkan di pagi hari sekalipun. Sama halnya dengan berolah raga. Memang aktivitas fisik bagus bagi kesehatan maupun persalinan di kemudian hari. Yang dimadsud dengan tidak berolah raga adalah waktu saat bunda mulai olah raga. Pagi hari tentu masih cocok membawa badan bergerak kemana – mana tapi sebaiknya hindari aktivitas berat di sore hari. Masalahnya, olah raga membuat tubuh semakin terjaga. Dengan demikian kemungkinan tubuh tidur nyenyak akan semakin tipis.

Anda sudah melakukan nasihat di atas, sekarang saatnya anda untuk menjaga badan anda tetap rileks. Kondisi terburuk untuk dibawa tidur adalah saat anda merasa panik dan cemas. Kedua perasaan tersebut bisa memancing berbagai emosi lain yang cukup yakin anda tidak akan senang. Memang hormone kehamilan akan kerap mempertanyakan kesiapan anda dalam menjadi orang ibu, tapi itu bukan alasan untuk tidak belajar mengendalikan lika liku emosi anda.  Anda bisa tipsnya di Dokter Sehat.

Anda harus memastikan tidak lagi ngemil atau makan hidangan yang pedas sebelum tidur atau bahkan selama kehamilan. Pada usia kehamilan yang cukup tua, dada bisa terasa panas meski anda sendiri belum melakukan apapun. Makanan pedas tidak hanya memperparah kondisi hati yang kerap terasa terbakar, namun juga menyebabkan perut ibu hamil tidak nyaman. Ketidak nyamanan perut hamil sama saja dengan tidur ibu hamil yang terganggu, anda tidak menginginkan hal ini terjadi. Berbicara mengenai tidak nyaman, usahakan berhenti meminum terlalu banyak air sebelum tidur, pasalnya bunda akan terdorong untuk buang air kecil di tengah malam. Bangun dari kasur menuju kamar mandi saja sudah tidak menyenangkan, terlebih dengan kenyataan harus mengulang persiapan posisi tidur ibu hamil dari awal dalam kondisi mengantuk bukan ide bagus.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *