Tips Ibu Hamil Muda Agar Bisa Lebih Rileks

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Trimester pertama, keluhan yang dialami ibu beragam sekali. Salah satunya adalah perubahan mood. Bagaimana cara mempertahankannya? Ibu butuh tips ibu hamil muda ini supaya keluhan tersebut tidaklah menjadi masalah yang berarti.

Ketika hamil beberapa minggu, perasaan tidak nyaman, makan tidak enak, suka bermalas-malasan banyak dilakukan. Hal ini memang normal terjadi pada ibu.

Hal ini dikarenakan oleh perubahan yang tidak biasa, diakibatkan oleh peningkatan produksi hormon esterogen dalam tubuh ibu. Alhasil, hormon tersebut mempengaruhi emosionalnya.

Tidak terkontrolnya emosi ibu tidak jarang membuat ibu merasa sangat sensitif, mudah marah, bahkan mudah mengalami rasa sedih. Akhirnya, perubahan ini bisa mempengaruhi secara langsung pada kondisi kehamilan.

Agar kandungan ibu aman, cobalah untuk rileks, menjaga emosinya agar tidak meledak-ledak. Bagaimana caranya? Mari perhatikan tips untuk ibu hamil muda di bawah ini!

Melakukan Yoga

Manfaat yoga memang sangat baik untuk menstabilkan emosi, bahkan hampir sebagian besar ibu hamil juga menerapkannya.

Yoga bisa dilakukan sendiri di rumah, atau bisa juga dilakukan bersama-sama dengan instruktur yoga. Yang terpenting, ibu melakukan gerakan yoga yang mana nantinya bermanfaat dalam menjaga emosi.

Melakukan yoga ini tidak perlu lama, cukup sediakan waktu 15 menitan di tiap hari. Maka hasilnya akan jauh lebih baik.

Selain yoga, lakukan olahraga lain yang mana membantu dalam melancarkan peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka permasalahan seperti sakit punggung dan kaki bengkak yang membuat ibu resah bisa hilang.

Nah, olahraga yang baik untuk ibu hamil muda tidak perlu yang berat-berat. Cukup jalan kaki di pagi hari di sekitar rumah saja.

Terbukalah Dengan Suami

Kesensitifan ibu hamil trimester pertama terkadang sangat berlebihan, contohnya muncul kecemasan karena merasa serba salah di rumah.

Betapa tidak, ibu lebih banyak tidur-tiduran karena memang itu adalah kondisi alamiah. Artinya, ibu sering mengantuk karena perubahan kondisi psikis dan fisik ibu.

Meskipun ibu memaksakan untuk tidak tidur, maka hal tersebut akan sangat berat untuk dilakukan sehingga tidak salah bila terkadang ibu merasa bersalah pada saat hal itu terjadi.

Selain itu, ada banyak hal lain yang mana akan dikeluhkan ibu. Dan agar keluhan-keluhan tersebut tidak menjurus pada permasalahan emosi yang mempengaruhi kandungan, alangkah baiknya jika ibu berbicara dengan suami.

Lebih terbukalah untuk membicarakan apa yang dirasakan, bahkan membicarakan mengapa ibu melakukan ini itu di trimester pertama tadi.

Dengan cara demikian, setidaknya beban berat yang dirasakan ibu akan semakin berkurang. Apalagi jika pasangan mencurahkan kepeduliannya untuk ibu. Misalnya dengan mendengarkan apa yang ibu bicarakan, dan selalu menemani ibu untuk memberikan kenyamanan.

Cari Hal Yang Menyenangkan

Cara ibu hamil usia muda mengatasi atau menghindari dari meledaknya emosi adalah dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Banyak sekali kegiatan yang menyenangkan. Setiap ibu pastinya punya hobi tersendiri sehingga tidaklah mengapa jika ibu melakukannya. Tetapi ingat, perhatikan pula kondisi tubuh.

Maksudnya, bila hobi menjurus pada hal-hal yang berat, maka alangkah baiknya jika hobi tersebut tidak dilakukan. Namun ibu bisa menggantinya dengan hal-hal lain yang lebih menyenangkan.

Melakukan hal yang membahagiakan ini tentunya untuk memberikan efek rileks, bahkan seakan melupakan perasaan tidak nyaman yang dialami setiap saat. Oleh karenanya, pastikan untuk disibukkan dengan hal-hal seperti itu.

Demikianlah ulasan mengenai tips ibu hamil muda dalam mempertahankan emosi agar tetap stabil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *