Tips Ibu Hamil Muda Saat Muncul Bercak Darah Pada CD

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Apakah ibu menemukan ada bercak darah pada CD atau celana dalam? Itu namanya flek dan ibu tidak perlu khawatir.

Banyak sekali ibu hamil yang langsung takut dan khawatir saat mereka mengalami flek. Apalagi banyak artikel kesehatan ibu hamil yang menjelaskan bawasannya bercak darah tersebut menjadi pertanda keguguran.

Sebenanya kabar tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Ibu harus tenang dan tidak perlu berpikiran negatif terhadap hal tersebut. Ketahui dulu apa itu flek dan bagaimana cara menanganinya. Itu yang paling penting.

Flek Tidak Berbahaya

Sekarang semua ibu hamil harus tahu dulu bawasannya flek itu tidak berbahaya. Bahkan, kebanyakan ibu hamil mengalami flek pada saat kehamilan muda. Itulah mengapa setiap ibu hamil harus tahu tips ibu hamil muda seputar cara mengatasi flek.

Yang pasti, flek pada saat kehamilan muda itu hal yang sangat alami. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya faktor hormonal. Karena flek berkaitan dengan produksi hormone, maka ibu tidak bisa melakukan apa-apa. Produksi hormone saat hamil itu memang meningkat karena hormone dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Penyebab flek yang lain adalah pendarahan pada artepartum. Dalam hal ini, setiap ibu hamil harus ingat bawasannya pendarahan pada artepartum ini sering terjadi saat masa kehamilan mencapai usia 20 minggu. Jadi, saat ada bercak pada kehamilan usia 20 minggu, itu merupakan flek akibat pendarahan pada artepartum. Apakah ibu perlu khawatir? Sebenarnya tidak usah jika bercak tersebut tidak berlangsung hingga berhari-hari.

Sayangnya, pemahaman seputar penyebab flek ini tidak banyak orang ketahui. Mereka hanya tahu bahwa bercak merah atau flek itu pertanda adanya resiko janin mengalami keguguran.

Memang keguguran bisa disebabkan oleh flek. Hanya saja, mereka tidak tahu flek yang bagaimana yang bisa menyebabkan keguguran.

Yang penting, saat ibu menemukan bercak pada CD, ibu harus waspadai. Ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan.

Hal yang Harus Ibu Lakukan Saat Ada Flek

Yang pertama, ibu harus kurangi aktivitas fisik. Saat ibu terkena flek, aktivitas yang terlalu berat justru akan berpotensi membuat flek tersebut semakin parah. Akan lebih baik jika ibu istirahat hingga flek tersebut berhenti.

Bagaimana jika tidak berhenti? Maka ibu harus melakukan tips selanjutnya, yaitu konsultasi kehamilan. Karena dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apa penyebab dari flek tersebut. Dengan demikian, penangangan medis yang tepat bisa dilakukan.

Yang pasti, ibu harus hindari berhubungan suami istri. Selama bercak darah masih keluar, hindari berhubungan dengan suami.

Selain itu, ibu juga tidak boleh terlalu was-was atau khawatir. Sayangnya, kebanyakan ibu hamil justru terlalu khawatir saat terkena flek. Akibatnya, ia stress, kesehatannya terganggu, dan kondisi badannya drop. Tentu saja hal buruk bisa terjadi terhadap janin.

Oleh sebab itu, apa yang harus ibu lakukan adalah rileks. Santai dan tenangkan pikiran. Ingat bawasannya flek bukan keluhan kesehatan yang berbahaya jika ibu menanganinya dengan tepat. Tenangkan pikiran dan jaga kondisi kesehatan. Karena dengan itulah ibu bisa mengatasi flek.

Menjadi ibu hamil muda memang berat. Resiko bayi mengalami keguguran sangat tinggi. Itulah mengapa hal yang berat itu saat kehamilan masih dalam trimester pertama atau kehamilan muda.

Namun, ibu harus tetap optimis dan bersemangat agar ibu bisa melewati masa kehamilan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *