Tips Ibu Hamil Muda Sangat Efektif Meringankan Keluhan

kesehatan wanita hamil
ibudanbalita.com

Apa yang ibu rasakan mulai dari awal ketika ibu mendapatkan kabar kehamilan hingga sekarang? Apakah ibu sudah merasakan morning sickness, pusing yang tak tertahankan, atau tubuh sering lemas sehingga terasa seperti ingin pingsan?

Mungkin ibu bisa dapatkan tips tentang mencegah keluhan kesehatan seperti morning sickness dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Dan tips tersebut terkesan sangat sulit untuk dilakukan. Bahkan, tidak jarang tips yang ibu terapkan tidak memberikan hasil yang seperti ibu inginkan.

Ibu bisa mencoba terapkan tips berikut ini sehingga diharapkan keluhan ibu hamil muda yang sering terjadi bisa dihindari atau setidaknya keluhan tersebut menjadi lebih ringan.

  1. Perhatikan Pola Makan

Kenapa seorang ibu hamil muda mudah sekali mual dan muntah? Umumnya karena mereka mengkonsumsi makanan layaknya sebelum mereka hamil. Apa harus beda? Tentu saja beda. Nutrisi ibu hamil sangat banyak. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat seorang ibu hamil harus makan banyak.

Saat kehamilan muda, ibu perlu mendapatkan nutrisi yang banyak. Caranya dengan sering makan dengan porsi yang sedikit. Mengurangi porsi akan membuat ibu terhindar dari mual dan muntah di pagi hari atau yang sering disebut dengan morning sickness.

  1. Minuman Yang Tepat

Apakah seorang ibu hamil harus mengkonsumsi susu kehamilan? Sangat dianjurkan. Hanya saja, terkadang mengkonsumsi susu justru membuat seorang ibu hamil mual dan muntah. Mungkin ibu harus mengurangi takaran susu yang harus ibu konsumsi. Sesekali, ibu konsumsi minuman jahe hangat yang dipercaya bisa membuat ibu tidak mudah mual dan muntah. Lebih dari itu, jahe juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga selama masa kehamilan ibu tidak mudah sakit.

Akan tetapi, jangan terlalu sering mengkonsumsi wedang jahe ya. Efek panas yang ditimbulkan dari minuman ini bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

  1. Protein dan Zat Besi Harus Terpenuhi.

Tips hamil muda yang satu ini perlu ibu terapkan agar ibu tidak lemas. Sebenarnya, dari semua keluhan kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil, merasa lemas dan tidak bertenaga lah yang paling sering terjadi. Dan hal ini disebabkan ibu hamil muda kekurangan protein dan juga kalsium.

Bagaimana cara mencukupi kebutuhan kalsium? Susu sudah mengandung protein dan kalsium yang seimbang. Akan tetapi, tetap saja ibu harus makan sayuran yang tinggi kalsium dan juga daging yang kaya akan kandungan protein.

  1. Batasi Makan Gorengan

Sebenarnya tidak hanya dibatasi tapi juga dihindari jika masalah kesehatan yang ibu alami sudah sangat parah. Gorengan ternyata bisa menyebabkan sembelit. Dan inilah keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil muda. Selain mengurangi sembelit, ibu juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Tips menjaga kesehatan kehamilan muda yang satu ini harus ibu terapkan mulai saat hamil hingga sampai persalinan nanti.

Bagaimana jika tips tersebut sudah diterapkan tapi masih ada keluhan? Memang keluhan saat hamil tidak bisa dihindari 100% tapi hanya bisa diminimalisir. Pasalnya, keluhan tersebut bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Jadi, memang secara alami seorang ibu hamil akan merasakan morning sickness, sakit kepala, darah rendah, dan beberapa keluhan kesehatan lainnya. Yang bisa ibu lakukan hanya meringankan keluhan kesehatan tersebut dengan menerapkan tips ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *