Tips Ibu Hamil Muda Tidak Sekedar Cara Menghindari Resiko Keguguran

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Banyak yang mengira bawasannya tips untuk ibu hamil muda itu hanya berkutat bagaimana agar janin di dalam kandungan berkembang dan tidak terjadi keguguran. Padahal tidak itu saja yang seharusnya seorang ibu hamil muda ketahui. Banyak hal yang harus dipahami dan dilakukan seputar menjaga kesehatan ibu hamil muda.

Tentu saja sangat beralasan jika ibu sendiri juga menganggap tips menjaga kehamilan muda itu seputar cara menjaga agar tidak terjadi keguguran. Banyak sekali kasus keguguran itu dialami oleh ibu hamil muda. Itulah banyak orang yang mencari tips ibu hamil muda agar tidak mengalami keguguran.

Padahal, ada beberapa poin yang tak kalah penting dari sekedar mencegah keguguran. Jika ibu sedang hamil muda, ibu harus tahu poin-poin tersebut.

Membuat Tubuh Bugar

Jangan sangka jika ibu hamil tua saja yang mengalami masalah dengan kebugaran. Memang ibu hamil tua merasakan beban yang lebih berat. Janin sudah berkembang dan perut semakin membesar. Rasanya berat sekali jika ingin mengangkat kaki dan berjalan.

Namun, masalah kebugaran juga dialami oleh ibu hamil juga lho. Banyak sekali ibu hamil yang tidak menyangka jika kebugaran yang menurun itu juga disebabkan oleh faktor psikologis. Bahkan, ibu harus tahu bahwa faktor psikologis yang menjadi pemicu kebugaran semakin menurun.

Seorang ibu hamil, apalagi yang baru pertama kali hamil, sering sekali mengalami kekhawatiran yang berlebihan. Mereka takut terjadi keguguran. Mereka juga khawatir dengan proses persalinan yang katanya sangat menyakitkan. Belum lagi masalah pembiayaan bayi ketika sudah lahir nanti.

Beban psikologis itulah yang sering membuat kebugaran ibu hamil muda terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada cara lain kecuali selalu rileks. Buang jauh-jauh pikiran negatif. Karena dengan itulah, ibu akan bugar dan siap beraktivitas lagi setiap hari. Dan Pastikan, kesehatan ibu akan terjaga.

Rasa Malas

Morning sickness merupakan hal yang biasa dibahas di dalam tips tentang ibu hamil muda. Namun, rasa malas sering diabaikan. Padahal, banyak sekali ibu hamil muda yang mengalami masalah yang satu ini. Mereka merasa malas untuk melakukan kegiatan setiap hari.

Rasa malas tersebut muncul karena berbagai sebab. Mungkin saja malas tersebut muncul dikarenakan pusing yang ia rasakan. Saat produksi hormone meningkat karena hamil, dampak yang sering ibu alami adalah pusing. Akibatnya, ibu menjadi pemalas.

Selain itu, ibu juga merasa ingin dimanja. Karena sedang ada janin yang ada di rahim, banyak ibu hamil muda yang ingin sekali di manja oleh suami. Karena manja tersebut membuat ibu merasa malas untuk melakukan kegiatan setiap hari.

Sebenarnya tidak masalah jika ibu bermalas-malasan dan ingin dimanja. Namun, jangan sampai malas-malasan tersebut keterusan. Pasalnya, malas tersebut bisa berimbas terhadap kesehatan ibu hamil muda yang menurun. Ibu menjadi pasif sehingga stamina menurun. Jika stamina menurun, kesehatan pun akan terganggu.

Jadi, tips seputar ibu hamil muda itu tidak melulu tentang bagaimana agar janin tidak keguguran. Lebih dari itu, ibu juga harus menerapkan tips kehamilan muda yang menjelaskan bagaimana menjaga kebugaran tubuh dan juga menghindari rasa malas. Dua hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kesehatan ibu hamil. Dan kesehatan ibu hamil juga berhubungan dengan kesehatan janin di dalam rahim. Bukankah demikian?

Jadi, menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil bukan hanya untuk memastikan ibu sehat selalu, tapi sekaligus juga menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *