Tips Ibu Hamil Muda yang Tak Lagi Berusia Muda

Sebenarnya kondisi kesehatan itu tidak sepenuhnya ditentukan oleh usia. Hanya saja, secara umum, ketika seseorang sudah berusia lanjut, atau setidaknya usianya sudah tidak mudah lagi, maka kondisi kesehatan biasanya menurun.

Alasan inilah yang membuat para ahli kesehatan kandungan tidak menyarankan wanita yang berusia di atas 30 tahun hamil.

Meskipun demikian, sekali lagi tidak ada larangan bagi ibu yang mungkin usianya sudah hampir 30 tahun atau bahkan di ats 30 tahun untuk hamil kembali. Hanya saja, ibu harus tahu tips ibu hamil muda khusus untuk wanita usia lanjut.

Apakah ada perbedaan antara tips untuk wanita lanjut yang sedang hamil dengan wanita yang masih muda? Secara signifikan tidak ada. Hanya saja, karena resiko bayi mengalami keguguran atau kesehatan ibu bisa sangat terganggu, maka ibu harus lebih ekstra dalam menerapkan tips kehamilan muda.

Resiko Terhadap Wanita Lanjut yang Hamil

Tidak semua wanita yang sudah lanjut itu kondisi kesehatannya lebih rendah jika dibandingkan dengan wanita yang masih muda. Karena ada juga wanita lanjut usia yang staminanya masih sangat fit.

Hanya saja, secara umum, kondisi kesehatan wanita lanjut usia cenderung kurang baik. Jadi, jika ada wanita yang sudah lanjut usia tapi sedang hamil muda, sebaiknya mereka tahu resiko apa yang akan mereka alami.

Salah satu yang paling banyak terjadi adalah tekanan darah yang naik. Bahkan, dikabarkan bawasannya tekanan darah akan naik hingga 3 kali lipat lho.

Selain itu, ada juga resiko di mana wanita tersebut mengalami diabetes gestasional. Yang ini harus benar-benar diantisipasi.

Tips untuk Wanita Lanjut Usia yang Hamil

Tentu tidak hanya resiko terkena darah tinggi dan diabetes saja yang bisa terjadi. Keluhan kesehatan lainnya juga bisa terjadi.

Hanya saja, dua keluhan tersebut harus benar-benar lebih diantisipasi. Cara yang paling mudah tentu saja dengan menjaga menu makanan setiap hari. Usahakan agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan darah tinggi seperti daging. Akan lebih baik jika ibu memilih makanan seperti sayuran dan seafood. Dua jenis makanan tersebut sangat sehat untuk wanita hamil yang sudah lanjut usia.

Selain itu, untuk menghindari terkena diabetes, sebaiknya mereka mengurangi minuman yang manis. Mengkonsumsi susu ibu hamil lebih dianjurkan karena kandungan nutrisi di dalam susu ibu hamil seimbang. Memang ada kandungan lemak dan juga gula namun jumlahnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan seorang ibu hamil.

Yang pasti, dibutuhkan energi yang lebih banyak agar mereka bisa beraktivitas seperti biasanya. Biasanya mereka mengalami keluhan seperti mudah lelah. Hal ini tentu sangat dapat dipahami mengingat kondisi fisik yang tak lagi sekuat ketika masih muda.

Konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan sangat disarankan. Mereka harus tahu mereka sangat rentan terhadap keluhan kesehatan. Dan pantauan intensif dari tenaga kesehatan akan membuat mereka bisa melawati masa kehamilan dengan baik.

Terlebih ketika masa persalinan sudah hampir tiba. Konsultasi akan membuat mereka tahu apakah nanti persalinan bisa berjalan dengan lancar. Dan semoga hal tersebut terjadi. Meskipun banyak ibu hamil yang usianya sudah lanjut harus melakukan persalinan melalui operasi caesar. Hal ini disebabkan kondisi kesehatannya yang memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk melakukan persalinan secara normal.

Jadi, jika ibu sedang hamil dan usia ibu sudah hampir 30 tahun, sebaiknya ibu melakukan penjagaan kesehatan lebih intens. Ketahui dan terapkan tips kehamilan agar ibu dan bayi di dalam kandungan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *