Tips Kehamilan Trimester Kedua Tidak Banyak, Hanya Dua yang Penting

tips kehamilan trimester kedua
Friso Indonesia

Dua hal paling penting untuk diperhatikan. Dan dua hal ini seolah menjadi rangkuman dari sekian banyak tips kehamilan trimester kedua.

Ibu pasti mudah sekali mendapatkan tips tentang kehamilan yang sudah mencapai usia trimester kedua. Ibu bisa dengarkan nasehat dokter kandungan atau bidan di mana ibu rutin berkonsultasi setiap bulan.

Atau mungkin ibu juga ikut bergabung di forum ibu hamil di mana ibu bisa mendapatkan update informasi kesehatan ibu hamil di sana.

Akan tetapi, semakin banyak justru ibu semakin sulit untuk menerapkan tips kehamilan tersebut.

Hanya perlu dua hal yang perlu ibu perhatikan betul-betul.

Yang pertama, menjadi kebugaran. Ini pekerjaan yang tidak mudah. Dan tidak sedikit ibu hamil yang menyepelakannya.

Mereka merasa sudah sehat dan bugar. Padahal, bugar dan sehat itu tidak hanya fisik saja, tapi juga psikis. Mungkin secara fisik ibu terlihat sehat. Tapi, jika kondisi psikis kurang baik, merasa stress karena pekerjaan, maka kebugaran ibu akan terus menurun.

Untuk itu, sangat disarankan agar ibu hamil trimester kedua meluangkan waktu untuk berlibur. Tidak masalah jika harus berlibur di tempat lumayan jauh. Karena kondisi kandungan sudah kuat ketika sudah mencapai usia trimester kedua.

Namun, tetap saja harus hati-hati khususnya ketika berada di perjalanan. Beberapa tips untuk ibu hamil trimester kedua yang sedang bepergian bisa ibu terapkan.

Dengan berlibur, maka ibu akan terhindar dari stress. Dan jika psikis baik, maka kebugaran ibu akan selalu terjaga hingga nanti proses persalinan tiba. Karena yang menjadi tujuan utama adalah menjaga kebugaran saat persalinan. Hanya ibu hamil dengan kondisi kesehatan yang baiklah yang bisa menjalani persalinan secara normal.

Ibu ingin melahirkan secara normal, bukan?

Yang kedua, melengkapi nutrisi yang semakin banyak. Selain kebugaran, ibu juga harus pastikan semua makanan yang ibu konsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan juga janin untuk berkembang.

Asal ibu tahu, kebutuhan nutrisi ketika kehamilan sudah trimester kedua meningkat. Karena janin semakin berkembang dan bagian tubuhnya sudah mulai sempurna.

Kebanyakan ibu hamil trimester kedua mengalami masalah seperti sakit gigi dan nyeri punggung. Tahukah ibu kenapa? Karena kalsium di dalam gigi dan tulang diambil oleh janin. Kalsium tidak bisa terpenuhi sehingga ketika janin membutuhkan nutrisi tersebut, ia mengambilnya dari gigi dan juga tulang. Dan apa yang terjadi? Ibu hamil akan mengalami keluhan kesehatan berupa sakit gigi dan juga nyeri punggung.

Jadi, penting sekali untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Ibu harus semakin banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti ikan laut, daging, dan juga sayuran hijau.

Agar lengkap, ibu juga perlu mengkonsumsi susu ibu hamil. Karena di dalam susu, terdapat semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan jumlahnya seimbang. Ini yang paling penting.

Dua hal tersebut, menjaga kebugaran dan juga memenuhi nutrisi menjadi inti dari semua tips menjaga kehamilan trimester kedua.

Mungkinn ibu memiliki cara lain agar bisa mendapatkan manfaat dari penerapan tips tersebut. Ibu bisa sesekali melakukan senam ibu hamil yang biasanya diselenggarakan di rumah sakit ibu dan anak atau klinik terdekat.

Semoga masa kehamilan ibu lancar hingga proses persalinan nanti. Yang pasti, ketika kehamilan sudah mencapai trimester kedua, itu artinya ibu sudah melewati masa yang rawan, yaitu masa hamil muda. Karena saat kehamilan muda, janin rentan sekali mengalami keguguran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *