Tips Melahirkan Lancar Secara Normal Tanpa Episiotomi

Melahirkan Normal
TMhome.com

Bagi setiap ibu hamil, pasti ia menginginkan bisa melakukan persalinan secara normal. Jika ibu juga memiliki keinginan yang sama, ada beberapa tips melahirkan yang harus ibu ketahui.

Banyak hal yang harus dipersiapkan agar ibu bisa melahirkan secara normal dan lancar. Dan akan lebih baik jika episiotomi tidak dilakukan oleh bidan atau dokter saat bersalinan.

Ibu tahu apa itu episiotomi? Berikut ini penjelasan singkat mengenai istilah tersebut.

Episiotomi Saat Persalinan Normal

Ibu mungkin akan membayangkan betapa sakitnya melakukan persalinan secara normal. Namun, sebenarnya hal tersebut kurang tepat. Justru rasa sakit itu terasa bagi ibu yang melahirkan melalui operasi caesar. Jika persalinan dilakukan melalui operasi, maka luka robekan pada bagian perut akan terasa sakit hingga berhari-hari dan bahkan hingga beberapa bulan. Lain hal jika persalinan dilakukan secara normal. Sakit hanya terasa ketika sedang dalam proses persalinan saja.

Mungkin yang paling menyakitkan adalah ketika dilakukan episiotomi. Ini merupakan proses mengiris bagian vagina. Tujuannya agar vagina menjadi lebih lebar dan proses persalinan bisa dilakukan secara mudah.

Akan tetapi, ada beberapa fakta yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas.

  • Episiotomi Tidak Pasti Dilakukan

Proses mengiris bagian vagina ini tidak harus dilakukan. Hanya beberapa kasus saja di mana bidan atau dokter memerlukan untuk melakukan hal tersebut. Banyak ibu yang sudah menerapkan tips melahirkan normal tanpa episiotomi dan berhasil.

Biasanya, episiotomi ini dilakukan pada keadaan darurat. Seperti contoh, ukuran bayi sangat besar. Atau bahu bayi tersangkut sehingga proses persalinan sudah dilakukan. Untuk kondisi semacam ini, bidan atau dokter yang membantu proses persalinan akan melakukan tindakan episiotomi. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan bayi dan juga ibu.

  • Episiotomi dan Anestesi Lokal

Proses pengirisan bagian vagina yang disebut dengan episiotomi ini belum pasti sakit. Pasalnya, dokter biasanya akan memberikan anestesi lokal sebelumnya. Jadi, rasa sakit ketika bagian kulit vagina diiris tidak terasa.

Hanya saja, terkadang dokter tidak memberikan anestesi lokal. Biasanya, anestesi lokal tidak diberikan saat kondisi darurat.

Ibu hamil manapun pasti ingin melahirkan secara normal dan lancar tanpa adanya rasa sakit karena episiotomi. Lalu, bagaimana caranya?

Tips Agar Persalinan Normal Tanpa Episiotomi

Sebenarnya, tips persalinan normal berikut ini hanya sekedar ikhtiar atau usaha saja. Banyak sekali ibu yang menjalankan tips ini dan akhirnya berhasil melahirkan secara normal tanpa rasa sakit berlebihan dan tanpa harus dilakukan episiotomi.

  • Senam Kegel
Senam Kegel
Merries.co.id

Ibu sangat dianjurkan untuk mengikuti program senam ibu hamil. Senam kegel sangat penting untuk melatih otot-otot di lubang yang digunakan sebagai jalan persalinan.

Senam ibu hamil ini bagus sekali dilakukan ketika masa kehamilan trimester ketiga. Saat proses persalinan tinggal menunggu hitungan hari, senam ibu hamil lebih difokuskan untuk mempersiapkan badan agar siap melakukan persalinan normal. Akan tetapi, senam kehamilan juga baik dilakukan ketika kehamilan trimester ketiga. Tujuannya agar tubuh tetap bugar walaupun dalam masa kehamilan sehingga seorang ibu hamil bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Jadi, ibu perlu sekali mengikuti kelas senam kehamilan. Atau ibu bisa pelajari gerakan-gerakan senam ibu hamil yang bisa ibu dapatkan dari berbagai referensi di internet.

  • Hindari Kegiatan Yang Berat

Tidak hanya saat kehamilan muda saja di mana ibu harus menghindari melakukan kegiatan fisik yang berat. Saat kehamilan tua, ibu juga harus mengurangi aktivitas fisik, terutama yang menguras banyak tenaga.

Menurut ahli kesehatan kandungan, resiko persalinan normal dengan cara dilakukannya episiotomi menjadi sangat tinggi jika saat hamil terjadi gangguan. Contoh dari gangguan ringan adalah kelelahan. Oleh sebab itu, salah satu tips agar persalinan normal adalah menghindari kegiatan fisik yang berat agar ibu tidak terlalu mengalami kelelahan, terutama ketika kehamilan sudah mencapai usia trimester ketiga.

  • Mengkonsumsi Buah-Buahan

Buah tidak hanya mengandung vitamin dan serat yang baik untuk menjaga kebugaran ibu hamil. Lebih dari itu, kandungan di dalam buah juga akan mempertahankan elastisitas kulit. Dengan demikian, proses persalinan akan semakin mudah dan tanpa harus dilakukan episiotomi.

Buah alpukat disarankan untuk ibu konsumsi saat persalinan hampir tiba. Hal ini disebabkan buah alpukat iniĀ  bisa membantu perenggangan kulit bagian dalam.

  • Konsumsi Teh Daun Raspberry

Sebenarnya ini tidak secara langsung terkait dengan tips melahirkan lanca tanpa episiotomi. Hanya saja, secara tidak langsung ada pengaruhnya.

Teh daun raspberry akan membantu memperkuat kontraksi saat persalinan. Kontraksi ini sangat diperlukan. Semakin kuat kontraksi, maka semakin mudah sang buah hati lahir ke dunia.

Konsumsi teh daun raspberry ini sebaiknya dilakukan ketika kehamilan trimester kedua. Minum dua cangkir setiap hari dan ketika persalinan tiba, ibu akan merasakan manfaatnya.

Itulah beberapa tips agar bisa melahirkan secara normal tanpa harus dilakukan proses episiotomi. Sekali lagi, ini hanya usaha yang bisa ibu lakukan. Yang pasti, jika kondisi badan ibu bugar, maka besar kemungkinan ibu bisa melakukan proses persalinan secara normal.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi susu ibu hamil untuk memastikan kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan tercukupi. Susu ini adalah suplemen yang sangat penting mengingat kandungan nutrisinya lengkap dengan takaran sesuai dengan yang disarankan oleh ahli kesehatan ibu hamil.

Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, minum susu ibu hamil, dan menerapkan tips persalinan di atas, semoga apa yang ibu inginkan untuk bisa melahirkan secara normal bisa ibu dapatkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *