Tips Membawa Bayi dalam Perjalanan Jauh

waktu tidur bayi
Johnson’s Baby Indonesia

Membawa bayi Anda dalam perjalanan yang jauh, terutama ketika menaiki pesawat merupakan sebuah tantangan sendiri. Selain membutuhkan persiapan yang cukup banyak dan ketentuan yang harus dipenuhi agar perjalanan bayi terasa aman, kondisi bayi itu sendiri juga harus diperhatikan, terutama waktu tidur bayi yang terkadang masih tidak teratur. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin membawa bayi Anda ke perjalanan yang jauh saat menaiki pesawat.

Pastikan Bayi Anda Memenuhi Standar Umur

Walaupun beberapa maskapai penerbangan memperbolehkan bayi berumur 2 minggu bahkan 2 hari untuk ikut terbang di pesawat, namun sebaiknya ajaklah bayi Anda untuk melakukan perjalanan saat ia berusia 3 bulan. Bukan tanpa alasan usia bayi harus 3 bulan, karena saat bayi berumur 3 bulan, daya tahan tubuh bayi cenderung lebih kuat sehingga dapat lebih siap dalam menghadapi perubahan suhu udara. Selain itu, bayi pun sudah cukup kuat dalam melakukan perjalan yang membuatnya harus dibawa kemana-mana.

Perhatikan Waktu Tidur Bayi

Bayi membutuhkan lebih banyak waktu tidur dibanding orang dewasa, jika bayi kekuranga waktu tidur maka ia akan cenderung rewel dan bisa sakit. Maka dari itu, hendaknya sesuaikan jadwal penerbangan Anda dengan waktu tidur bayi. Sebaiknya Anda memilih jam penerbangan yang sesuai dengan jam tidur siangnya jika Anda terbang pada siang hari, karena jika Anda terbang saat waktu tidur siangnya, maka kemungkinan besar bayi Anda akan terlelap selama penerbangan dan akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman saat penerbangan.

Pilihlah Tempat Duduk di Bagian Depan

Ketika Anda membeli tiket pesawat, baik secara online maupun melalui agen tiket, mintalah tempat duduk di bagian depan. Selain mudah untuk dijangkau karena dekat dengan pintu masuk pesawat, tempat duduk di bagian depan lebih leluasa dan biasanya maskapai penerbangan menyediakan bassinet atau skycots untuk bayi Anda yang ditempelkan di dinding depan bagian tempat duduk yang membuatnya dapat duduk dan berbaring dengan nyaman. Selain Anda tidak perlu repot menggendongnya atau memangkunya dalam waktu yang lama, bayi Anda pun dapat leluasa bergerak di kursi khususnya. Lebih senang deh melakukan perjalan yang jauh!

Datanglah Lebih Awal di Bandara

Pastinya Anda akan tergesa-gesa jika terlambat datang ke bandara, apalagi jika membawa bayi, selain tergesa-gesa, Anda juga akan merasa kelelahan karena harus mendorong stroller atau menggendong bayi Anda kemana-mana sambil berlari-lari. Maka, jika Anda tidak menginginkan kondisi ini terjadi, datanglah lebih awal di bandara untuk melakukan proses check in lebih awal juga. Karena jika telah check in, Anda akan merasa aman dan dapat bermain-main dengan sang buah hati. Perlu diperhatikan bahwa jika Anda membawa stroller maka harus dilipat dan akan diperlakukan seperti bagasi sehingga tidak dapat dibawa ke atas kabin.

Susuilah Bayi Anda Saat Lepas Landas dan Mendarat

Ketika pesawat akan lepas landas, maka biasanya telinga Anda akan merasa sakit karena perubahan tekanan udara, mungkin Anda dapat mengatasinya sendiri namun tidak dengan bayi Anda. Maka sebaiknya ketika pesawat akan lepas landas dan mendarat, susuilah ia agar tidak merasa sakit akibat perubahan tekanan udara.

Buatlah Bayi Anda Nyaman

Suhu di dalam pesawat cenderung dingin yang tentunya akan membuat bayi Anda tidak nyaman. Pakaikan baju hangat, kaos kaki dan topi pada bayi Anda, bisa juga menambahkan selimut untuk membuat bayi Anda merasa hangat dan nyaman sehingga waktu tidur nya pun bisa lebih lama. Selain membuatnya hangat dengan memakaikan pakaian yang cukup, siapkan pula makanan bayi ataupun air panas yang disimpan dalam botol untuk membuat susu bayi.

Nah, inilah beberapa tips dalam membawa bayi saat perjalanan jauh. Maka, kini tidak ada alasan lagi yang menghalangi Anda dalam membawa buah hati ke perjalanan jauh, karena tentunya kini ia bisa merasa aman dan nyaman melakukan penerbangan karena Anda telah mempersiapkan semuanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang waktu tidur bayi Anda karena ia dapat tidur dengan nyaman jika tips yang telah diberikan ini Anda lakukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *