Tips Memilih Baju Bayi Agar Tidak Percuma Saat Membeli

tips memilih baju bayi
www.ibudanbalita.com

Mungkin ibu salah satu dari sekian banyak orang tua yang tidak menghiraukan tips memilih baju bayi. Akhirnya, ibu memilih begitu saja namun ternyata baju tersebut tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama. Belum lagi setiap kali ibu memakaikan baju, si kecil menangis. Tentu ada alasannya mengapa si kecil menangis. Mungkin ia merasa tidak nyaman dengan baju yang ibu pakaikan atau merasa gerak dengan bahan baju tersebut.

Kebanyakan tips memilih baju untuk bayi menjelaskan tentang bahan yang harus menjadi pertimbangan utama. Tentu itu hal yang tidak salah. Namun, ada hal lain yang perlu juga untuk dijadikan pertimbangkan. Apa saja itu?

Pertimbangan Lain Selain Bahan Baju Bayi

Bahan atau kain untuk baju bayi memang harus menjadi pertimbangan paling utama. Namun, bukan berarti satu-satunya pertimbangan yang harus ibu pikirkan. Ibu juga harus memikirkan yang lain.

Apakah pakaian yang akan ibu beli cocok untuk cuaca di tempat di mana ibu tinggal? Beda cuaca beda juga kain baju yang bagus. Contohnya saja, untuk ibu yang tinggal di daerah dingin, ibu bisa membeli pakaian yang terbuat dari katun. Kain ini cenderung memberikan efek hangat pada tubuh si kecil. Berbeda dengan ibu yang tinggal di daerah panas. Ibu bisa belikan baju bayi yang terbuat dari katun jersey. Sekilas memang sama namun katun jersey ini lebih mudah menyerap keringat.

Selain cuaca, pertimbangan juga ukuran baju. Ibu tidak perlu khawatir jika membeli baju yang sedikit kebesaran. Bahkan, ini bagian dari tips membeli baju bayi. Sebaiknya, ibu membeli baju yang sedikit kebesaran. Justru, baju yang sedikit kebesaran ini membuat si kecil terlihat keren lho bu. Selain itu, si kecil bisa memakai pakaian tersebut dalam waktu yang lama. Asal ibu tahu terkadang baju bayi itu hanya dipakai kurang dari 1 bulan saja lantaran tubuhnya tumbuh begitu cepat. Jika ibu membeli baju sedikit longgar, maka baju bisa ibu pakaikan kepada si kecil hingga lebih dari 1 bulan. Lebih hemat, bukan?

Apakah ibu juga mempertimbangkan warna? Kebanyakan orang tua memilih warna baju tertentu berdasarkan kesuakaan saja. Padahal, bukan itu saja mengapa ibu memilih baju bayi warna merah, biru, atau warna lainnya. Ibu harus tahu warna itu mempresentasikan sang buah hati. Untuk anak perempuan misalnya, cocoknya ia memakai baju warna merah muda. Sementara itu, biru itu terkesan warna untuk anak laki-laki.

Tidak berhenti di situ saja. Ibu juga perlu tahu makna dari setiap warna. Warna putih misalnya identik dengan karakter lembut anak. Sementara warna merah identik dengan karakter tegas dan keras. Jadi, ibu bisa sesuaikan warna baju ibu dengan karakter sang buah hati. Ini seperti ketika ibu memilih baju. Pasti ibu memilih warna baju berdasarkan personal ibu, bukan?

Sekarang sudah jelas kan bu mengapa penting sekali mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih baju untuk bayi? Ibu bisa berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lainnya di forum ibu dan balita. Di forum itu, ibu juga akan mendapatkan banyak ilmu dan informasi lho. Jadi, selain berbagi, ibu juga bisa mendapatkan informasi baru.

Bukan Baju Saja Yang Membuat Kulit Bayi Iritasi

Anak ibu pernah mengalami iritasi? Banyak ibu yang bercerita tentang iritasi pada kulit bayi mereka. Mereka langsung berpikir iritasi tersebut karena baju yang dipakai anak mereka salah. Padahal, bukan baju saja yang menjadi penyebab kulit bayi iritasi. Ini beberapa hal yang perlu ibu lakukan agar si kecil terhindar dari iritasi.

  • Ganti Baju Berkali-Kali

Bagi orang dewasa, mungkin mereka bisa ganti baju satu atau dua kali saja setiap hari. Namun, bagi bayi, ia sebaiknya ganti baju lebih dari tiga kali. Apalagi jika cuaca panas. Sebaiknya ibu mengganti baju bayi setiap kali baju sudah basah dengan keringat.

Mengapa ini harus dilakukan? Karena menurut ahli kulit, bayi memiliki kulit yang masih sangat tipis. Hal ini membuat kulit mudah sekali mengalami iritasi. Bakteri sedikit saja bisa membuat kulit terlihat memerah, gatal, dan akhirnya ia mengalami iritasi.

  • Mengenakan Lotion

Bukan bedak ya bu, tapi lotion. Fungsinya memang sama, yaitu mencegah biang keringat yang menyebabkan iritasi. Namun, lotion lebih direkomendasikan. Bedak memiliki partikel yang mudah terpisah dan terbang ke udara. Dikhawatirkan partikel tersebut terhirup oleh si kecil sehingga menyebabkan masalah pernafasan. Berbeda dengan lotion yang berbentuk cair. Ini yang membuat lotion jauh lebih aman daripada bedak.

  • Mandi Dengan Air Hangat

Meskipun ibu tinggal di daerah yang panas, ibu sebaiknya tidak memandikan si kecil dengan air dingin. Air hangat bagus untuk menjaga suhu tubuh si kecil dan juga mencegah kulit mengalami iritasi.

Sekarang ibu tidak hanya tahu bagaimana cara memilih baju bayi. Jika yang ingin ibu lakukan adalah menjaga kesehatan kulit bayi, maka tidak hanya bajunya saja yang harus diperhatikan. Ibu juga harus tahu perawatan kulit bayi. Jadi, banyak hal yang harus ibu ketahui jika ingin memastikan bayi ibu tumbuh dengan baik. Tidak hanya nutrisi, tapi juga semua hal yang berhubungan dengan bayi harus ibu ketahui. Ini saat yang tepat bagi ibu untuk terus belajar dan memperkaya wawasan tentang kesehatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *