Tips Memilih Bedak Bayi yang Aman

bedak bayi
Johnsons’ Baby Indonesia

Bedak bayi merupakan salah satu produk penting yang wajib dimiliki oleh ibu untuk merawat bayinya. Namun, sebagai orang tua khususnya ibu muda yang baru memiliki buah hati harap berhati-hati untuk memilih produk bedak bayi yang sesuai dengan jenis kulit bayi anda. Sebab bayi yang baru lahir masih memiliki kulit yang sensitif.

Bedak bayi adalah salah satu produk wajib untuk merawat badan bayi. Selain pakaian bersih bedak, shampo adalah hal yang wajib diberikan bayi agar bayi anda terus segar dan harum sepanjang hari. Namun sebagian ibu muda yang baru memiliki buah hati pertama akan bingung untuk memilih produk bedak bayi yang bagaimana yang cocok untuk kulit bayi anda.

Perlu anda ketahui bunda, jika bayi kita yang baru lahir memilikikulit yang sensitif terlebih jika terkena bahan-bahan kimia. Jika, bahan-bahan kimia tersebut terkandung pada produk bedak untuk bayi anda maka kulit bayi akan mengalami iritasi pada kulit. Iritasi pada kulit bayi biasanya ditandai dengan kulit yang menjadi merah. Jika kulit bayi sudah merah ada baiknya bunda menghentikan pemakaian dengan bedak tersebut.

Bedak bayi sebaiknya memilih produk bedak yang lembut untuk kulit bayi, agar kulit bayi tidak merah saat diberikan bedak tersebut. Sebelum membeli produk tersebut, cobalah sedikit bedak bayi itu pada tangan anda. Jika memang terasa lembut maka produk bedak tersebut cocok digunakan pada kulit bayi anda. Sebagai orang tua khususnya seorang Ibu, memang harus hati-hati dan benar-benar teliti dalam memilih produk. Salah satunya pilihlah produk bedak yang mencantumkan hypoallergenic seperti produk dari Jhonson Baby. Produk Jhonson Baby memiliki kadar alergi yang cukup rendah dan cocok untuk bayi yang baru lahir.

Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui pada bedak bayi yakni kandungan talc sebagai bahan utamanya. Talc adalah bahan yang berasal dari batuan mineral yang melalui proses penambangan dan penggilingan sehingga berubah bentuk menjadi butiran-butiran halus. Jika dalam proses penggilingan terdapat Partikel abses yang tertinggal, maka partikel ini yang dapat membahayakan untuk kulit bayi anda.

Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan oleh bedak bayi, antara lain:

  • Pilihlah jenis produk bedak yang bebas talc

Anda bisa meneliti bahan dari produk bedak tersebut. Pilihlah yang berbahan dasar constrach yang tertera pada kemasan.

  • Lakukan cara tabur bedak yang baik pada bayi anda.

Biasakan untuk tidak langsung menaburkan bedak pada badan bayi anda. Tuangkan terlebih dahulu pada telapak tangan anda, jauhkan dari muka bayi agar tidak terhirup oleh bayi.

  • Jangan menaburkan bedak bayi pada daerah kemaluan

Bedak bayi yang ditaburkan pada area kemaluan dapat membuat iritasi pada kemaluan bayi anda. Ada baiknya gunakan krim atau petroleum jelly untuk menghindari ruam popok.

  • Jauhkan produk bedak dari jangkauan bayi

Jangan sesekali memberikan botol bedak untuk diadikan mainan pada bayi anda. Sebab, jika bedak tersebut jatuh pada mukanya akan berisiko.

Maka dari itu anda harus memperhatikan produk bedak bayi yang akan Anda berikan pada sang buah hati, kadang erlihat membuatnya nyaman. Namun, pada akhirnya akan berujung pada hal yang membahayakan kesehatannya. Sesuaikan dengan kebutuhan sang buah hati. Karena produk yang mahal belum tentu aman untuk bayi anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *