Tips Memilih Mouthwash Terbaik Dengan Benar

mouthwash terbaik
Pic : Mouthwash Listerine Indonesia

Pemilihan terhadap mouthwash terbaik yang bisa dibilang menjadi gonjang-ganjing di dalam masyarakat. Hal itu dikarenakan banyak mouthwash ataupun obat kumur yang memiliki komposisi dan kadar yang berbeda-beda. Mungkin hal itulah yang membuat masyarakat menjadi kebingungan dan menyebabkan timbulnya berbagai opini di masyarakat terkait dengan mouthwash atau obat kumur tersebut.

Memang obat kumur tersebut sangat penting untuk digunakan oleh masyarakat karena bisa membersihkan mulut kita secara keseluruhan. Hal ini berbeda dengan hanya menyikat gigi yang hanya bisa membersihkan gigi dan bahkan tidak bisa sampai ke rongga-rongga gigi dan masih banyak kuman yang menempel disana. Dengan memakai obat kumur ini bisa membersihkan seluruh bagian mulut dari kuman baik itu di permukaan maupun di rongga-rongga yang sempit tetap bisa dijangkau karena mouthwash ini dalam bentuk cair.

Mouthwash sudah sejak lama dipercaya selain sebagai obat pembersih mulut, juga sebagai obat penghilang bau mulut yang sangat ampuh dan juga dalam waktu yang cepat. Namun hal yang menjadi gonjang-ganjing di dalam masyarakat ialah tips memilih mouthwash terbaik ini dengan benar dikarenakan banyaknya jenis mouthwash dengan warna dan komposisi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Lalu bagaimanakan cara memilih mouthwash terbaik yang benar? Anda bisa melihatnya dalam penjelasan sebagai berikut.

Obat kumur banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah tentang presentase alkohol yang terdapat pada cairan mouthwash tersebut. Ada produk mouthwash yang memiliki presentase alkohol sangat tinggi, ada yang memiliki presentase alkohol cukup rendah, dan ada pula obat kumur yang tidak mengandung alkohol sama sekali. Lantas manakah yang terbaik?

Sebenarnya alkohol dalam obat kumur ataupun bisa dibilang obat sakit gigi ini tidak membunuh bakteri dan kuman, melainkan hanya sebagai pembawa minyak essential yang berfungsi sebagai penyegar dan pembersih mulut. Salah satu produk mouthwash adalah Listerine. Dalam obat kumur Listerine ini memiliki 26,9% alkohol atau setara dengan 5 kali lipat beer dan 2 kali lipat anggur. Dengan presentase alkohol yang sangat tinggi tersebut membuat produk ini sangat tepat untuk membersihkan permukaan mulut anda, membersihkan flek pada gusi, namun tidak bisa membunuh kuman karena memang fungsi dari alkohol bukan sebagai pembunuh kuman.

Namun dengan presentase alkohol yang cukup banyak tersebut juga berdampak pada keringnya mulut karena ulkohol bersifat cukup panas. Biasanya bagi orang yang memiliki mulut kering, akan rentan terhadap bau mulut dan keluarnya air liur secara terus menerus dan tidak bisa dicegah. Namun dengan presentase alkohol 26,9% tersebut cukup menyelamatkan anda dari bau mulut dan air liur yang panas karena memang presentase tersebut tidak sangat tinggi dan banyak produk mouthwash lainnya memiliki presentase kandungan alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan Listerine.

Efektifkah memakai obat kumur? Hal inilah yang banyak ditanyakan oleh masyarakat. Jawabannya cukup relatif tergantung dari kebiasaan orang masing-masing. Namun yang jelas, dalam memakai obat kumur, sebelumnya pastikan anda sudah menggosok gigi terlebih dahulu agar bisa menghilangkan kuman dari gigi dan gusi anda. Setelah itu, barulah anda memakai obat kumur karena mouthwash ini hanya digunakan sebagai penghilang bakteri yang masih tersisa di mulut anda dan bukan sebagai pembunuh kuman.

Dalam penjelasan kali ini, intinya dalam memilih mouthwash terbaik, pastikan mouthwash yang anda gunakan memiliki presentase alkohol yang cukup dan tidak terlalu banyak. Hal itu karena apabila terlalu banyak akan menyebabkan keringnya mulut anda, dan apabila terlalu sedikit tidak dapat mengusir kuman yang ada di mulut anda. Dan sebelum memakai mouthwash, pastikan anda sudah gosok gigi terlebih dahulu karena jika anda tidak menggunakan cara merawat gigi yang baik dan benar maka mouthwash ini bisa dibilang tidak akan ada gunanya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *