Tips Mendidik Anak Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

tips mendidik anak
Friso Indonesia

Tips mendidik anak bukan hal yang harus disepelekan. Sayangnya, banyak orang tua yang menganggap mendidik akan itu tugasnya seorang ibu saja. Sementara, ada juga orang tua yang menyerahkan urusan mendidik anak kepada sekolah.

Tentu saja persepsi tersebut salah besar. Orang tua berperan sekali dalam hal mendidik anak. Oleh sebab itu, setiap orang tua harus menerapkan cara mendidik anak yang tepat. Apalagi maraknya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak kecil dan bahkan balita membuat setiap orang tua harus tahu bagaimana agar anak terhindar dari masalah tersebut.

Apa yang Harus Orang Lakukan?

Tips mendidik anak tidak harus berupa bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Lebih dari itu, tips tersebut juga harus membuat anak menjadi lebih baik dan terhindar dari hal-hal yang berbahaya.

Tentu tidak mungkin ibu sebagai orang tua bisa memantau si kecil setiap menit. Namun dengan penerapan cara mendidik anak yang baik, maka ibu tidak perlu khawatir.

Agar si kecil terhindar dari pelecehan seksual yang akhir-akhir ini terjadi, maka satu tips mendidik anak yang perlu untuk ibu terapkan, yaitu sex education atau pendidikan seks. Bagaimana caranya?

Pertama, ibu harus mengenalkan kepada si kecil organ tubuh yang ia miliki. Setelah itu, ibu harus memberitahu ada organ tubuh tertentu yang tidak boleh dilihat atau disentuh oleh siapapun kecuali dirinya dan orang tuanya sendiri, yaitu bagian vagina.

Namun, yang paling penting lagi, ibu juga harus mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain, terutama orang yang belum dikenal oleh si kecil. Coba ibu sesekali mendampingi si kecil ketika ia harus berkenalan dengan orang lain. Ajarkan agar memberi sapaan yang seperlunya. Larang si kecil jika ia diajak untuk berjalan-jalan atau mendapatkan hadiah dari orang yang baru ia kenal.

Sayangnya, banyak sekali orang tua yang akhirnya melarang sang buah hati untuk berinteraksi dengan siapapun yang tidak ia dikenal. Hal ini disebabkan ketakutan mereka karena banyaknya kasus pedofil atau pelecehan seksual terhadap anak kecil. Cara yang paling tepat sebenarnya adalah menerapkan tips mendidik anak. Bukan dengan melarang anak berinteraksi dengan orang lain namun mengajarkan bagaimana bersosialisasi dengan orang yang baru dikenal.

Ibu juga perlu mengajarkan apa yang harus si kecil lakukan saat terjadi emergency. Seperti ketika ia merasa dalam keadaan bahaya karena dibuntuti oleh orang yang mencurigakan, maka ajarkanlah kepada si kecil untuk lari dan berkumpul dengan kerumunan orang. Selain itu, ibu juga perlu mengajarkan agar ia berteriak dan minta tolong kepada orang sekitar ketika merasa dalam keadaan bahaya.

Mengajarkan Sex Education

Sebelumnya, telah disinggung sedikit tentang sex education sebagai cara mendidik anak. Hanya saja, sex education itu tidak hanya seputar mempelajari organ tubuh intim yang tidak boleh dilihat dan dipegang oleh orang lain. Sex education juga diperlukan agar anak tidak berbuat hal yang senonoh terhadap diri atau rekan seusianya.

Sekarang ini, tugas ibu sebagai orang tua memang sangat berat. Namun, bukan berarti ibu terlampau khawatir ya. Yang perlu ibu lakukan hanya membekali diri dengan pengetahui seputar parenting agar ibu bisa menjadi orang tua yang baik bagi perkembangan anak. Untuk itu, ibu harus update informasi terbaru seputar tips mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *