Tips Mendidik Anak Saat Usianya Menginjak 3 Tahun

Tips Mendidik Anak
Friso Indonesia

Tips mendidik anak harus ibu pelajari mulai si kecil masih bayi hingga sudah beranjak dewasa. Khususnya ketika usianya menginjak 3 tahun, ibu harus mengerti bagaimana cara mendidik anak yang benar. Pasalnya, usia 3 tahun inilah usia emas si kecil di mana rasa ingin tahunya sangat tinggi.

Namun, hal tersebut juga dibarengi dengan emosi yang mungkin ibu kewalahan jika pada suatu ketika ibu harus melarang si kecil untuk tidak melakukan sesuatu.

Tentu saja ibu tidak boleh mematikan potensi emas anak usia 3 tahun. Ketika rasa ingin tahunya tinggi, pada saat itulah ia akan menemukan apa yang ia inginkan dan apa yang ia sukai. Ia akan belajar banyak hal. Namun, di satu sisi, tentu ada hal yang harus ibu larang karena mungkin saja hal tersebut berbahaya atau tidak baik untuk si kecil.

Agar ibu bisa berada di tengah, maka ibu harus tahu tips mendidik anak usia 3 tahun berikut ini.

  1. Jangan Suka Melarang

Balita usia 3 tahun pasti usil. Ia suka hal-hal yang baru. Ia tidak gentar untuk mengejar dan mengambil apa saja yang menurutnya menarik. Lalu, bagaimana jika benda tersebut berbahaya untuk sang buah hati?

Kebanyakan orang tua akan secara spontan melarangnya dengan mengatakan “jangan” atau “tidak”. Padahal itu bukanlah cara mendidik anak yang baik. Tahukah ibu kata-kata tersebut ternyata memberikan efek negatif kepada si kecil? Memang ibu berniat agar si kecil tidak menyentuh barang tersebut. Namun, secara tidak langsung, ibu juga membuat si kecil takut dan mematikan rasa keingintahuannya kepada benda tersebut.

Para ahli psikologi anak mengatakan dengan sering menggunakan kata “jangan”, “tidak”, atau kata larangan lainnya, anak tidak bisa berkembang cepat. Pasalnya, ia merasa terkekang dan selalu diselimuti rasa takut.

Untuk ibu tidak perlu mengatakan kata larangan tersebut, ibu bisa menerapkan tips mendidik anak di mana ibu mengkondisikan suasana di dalam rumah aman. Jauhkan benda-benda berbahaya seperti gunting, pisau, jarum, dan lain sebagainya dari jangkauan si kecil.

  1. Ajarkan Berbagi

Pada usia 3 tahun, si kecil sudah tahu mana benda miliknya dan mana benda yang bukan miliknya. Rasa memilikinya sangat kuat sehingga sering kali ia tidak suka jika orang lain menggunakan benda miliknya tersebut.

Pada saat inilah ibu harus menerapkan cara mendidik anak tentang arti indahnya berbagi. Hal kecil yang bisa ibu ajarkan adalah bagaimana anak ibu bisa memberikan sebagian makanan kepada anak yang lain. Awalnya memang sangat susah karena rasa kepemilikannya sangat kuat. Akan tetapi, sedikit demi sedikit, si kecil akan tahu betapa bahagianya berbagi dengan orang lain.

  1. Mengajarkan Sopan Santun

Pelajar sopan santun itu tidak dari sekolah, tapi dari rumah. Itulah mengapa setiap orang harus tahu tips mendidik anak agar ia sopan kepada orang lain.

Awalilah dengan mengajarkan bagaimana bertutur kata yang sopan. Ajarkanlah si kecil agar selalu menyapa atau bersalaman kepada tamu yang datang ke rumah. Jangan membentak jika anak ibu berlaku tidak sopan, akan tetapi berikan penjelasan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Ini merupakan cara mendidik anak pada poin yang pertama, yaitu hindari menggunakan kata larangan.

Semakin dewasa anak ibu semakin berat tantangan yang ibu hadapi. Mengajarkan anak agar berbuat baik itu perlu kesabaran. Selain itu, ibu juga perlu tahu seputar tips mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *