Tips Menuju Perkembangan Janin Sempurna bagi Calon Ibu Baru

Perkembangan Janin
Ibu & Balita

Setiap calon ibu pasti menginginkan supaya perkembangan janin di dalam kandungannya tumbuh dengan sempurna. Banyak cara untuk memastikan janin berkembang secara optimal, namun untuk memastikan agar ibu mengambil langkah – langkah yang tepat bisa jadi sedikit membingungkan, terutama bagi calon ibu baru.

Jangan takut, berikut adalah beberapa langkah mudah cara menjaga kehamilan dan menyempurnakan perkembangan janin yang akan berguna bagi para calon ibu selama trimester kehamilan.

Tiga bulan pertama kehamilan adalah masa – masa yang seringkali dianggap paling sulit. Keluhan – keluhan seperti mual, perut keram, atau emosi yang sering berubah lebih drastis sering sekali terdengar dalam tiga bulan pertama. Keadaan janin yang baru sedikit sekali berkembang juga memerlukan perhatian yang lebih untuk menghindari terjadinya keguguran. Trimester pertama kehamilan memang membutuhkan perhatian lebih, tapi bukan berarti perhatian itu tidak lagi dibutuhkan ketika memasuki pertengahan hingga akhir masa kehamilan walaupun keluhan – keluhan yang dialami selama tiga bulan pertama sudah menghilang.

Memang banyak hal yang perlu diberikan perhatian lebih ketika ibu hamil, terutama hal – hal yang mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi

Cukupi kebutuhan asam folat

Asam folat punya peran yang sangat penting dalam tahap awal perkembangan janin, terutama untuk permulaan berkembangnya otak dan struktur tulang punggung. Pemasukan asam folat yang cukup bisa membantu mencegah terjadinya cacat dan/atau kelainan otak yang sering terjadi ketika hamil muda. Calon ibu juga disarankan mencukupi kebutuhan asam folat kalau masih baru berencana untuk punya anak, karena gangguan terhadap janin bisa terjadi di tahap sangat awal kehamilan, bahkan sebelum munculnya tanda – tanda kehamilan.

Dari mana asupan asam folat yang cukup bisa didapat? Asam folat bisa didapat dari susu formula untuk kehamilan tahap awal. Selain itu, lakukan konsultasi kehamilan sejak awal agar diberikan suplemen asam folat dari dokter, yang dikonsumsi setidaknya satu bulan sebelum kehamilan dan seterusnya. Sumber lainnya adalah bahan makanan seperti kacang – kacangan, sayuran hijau, dan citrus.

Makan makanan alami yang tidak diproses

Makanan yang sudah diproses seperti makanan instan dan kaleng biasanya mengandung pengawet yang cukup banyak dan bahan makanannya sudah tidak terlalu segar. Biasakan menyiapkan makanan sendiri daripada membeli, supaya tahu pasti bahan – bahan dan bumbu yang digunakan di dalam masakan. Pastikan menkonsumsi sayur, buah, karbohidrat, protein, dan serat yang cukup setiap harinya.

Biasakan untuk tetap aktif

Walaupun badan akan sering terasa lebih mudah lelah dan rasanya ingin tidur seharian, cobalah untuk tetap bergerak dan aktif. Olahraga ringan sangat disarankan selama kehamilan, tapi hindari olahraga yang terlalu berat. Setidaknya, sediakan waktu, paling sedikit 3 -4 kali seminggu untuk berjalan kaki santai, di sekitar kompleks perumahan pun sudah cukup.

Lakukan senam hamil

Tambahan aktifitas yang bisa dilakukan selama mengandung adalah bergabung dalam kelas ibu hamil. Pastinya, salah satu manfaat yang bisa didapat ibu hamil ketika mengikuti kelas senam hamil adalah interaksi sosial dan kebersamaan dengan para calon ibu lainnya yang ada di sana.

Untuk perkembangan janin, senam hamil bisa sangat membantu mengatur denyut jantung bayi yang sedang berkembang. Ibu hamil yang melakukan senam hamil akan cenderung mempunyai denyut jantung yang lebih teratur, yang juga akan mempengaruhi denyut jantung bayi di dalam kandungan.

Dari semua tips untuk calon ibu baru diatas, yang tetap harus diingat adalah untuk melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan secara rutin untuk melacak perkembangan janin dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *