Tips Olahraga untuk Ibu hamil Muda

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Tips ibu hamil muda ini adalah tips yang sangat perlu Ibu perhatikan jika Ibu sedang hamil muda dan ingin melakukan olahraga. Karena memang ada beberapa hal yang penting untuk Ibu perhatikan ketika akan melakukan kegiatan olahraga untuk ibu hamil muda, agar janin dalam kandungan tetap terjaga.

  1. Konsultasi dulu dengan dokter kandungan

Sebelum Ibu bisa memutuskan apa yang akan Ibu lakukan untuk berolahraga ketika hamil muda, tips ibu hamil muda ini lah yang paling utama untuk Ibu perhatikan.

Konsultasikan dulu ke dokter kandungan Ibu, bagaimana kondisi kesehatan dan kehamilan Ibu dan kegiatan olahraga apa saja yang aman untuk Ibu lakukan. Hal ini sangat penting, karena setiap kehamilan selalu berbeda – beda, dan Ibu tidak bisa menyamakan saja kondisi kehamilan Ibu dengan Ibu hamil lainnya.

Selain itu, dokter kandungan mungkin juga bisa memberikan rekomendasi kelas atau kegiatan olahraga yang cocok untuk Ibu.

  1. Berikan tubuh ruang untuk bernapas

Agar Ibu dapat bergerak dengan nyaman tanpa merasa sesak, pilihlah pakaian senam yang tidak terlalu ketat agar tubuh tetap dapat ‘menghirup’ udara segar selama Ibu berolahraga. Jadi Ibu bisa memilih untuk menggunakan t-shirt longgar dan celana yang nyaman agar Ibu bisa lebih bebas bergerak.

Gunakan juga sepatu olahraga yang nyaman untuk digunakan. Jika kaki Ibu membengkak semenjak Ibu mulai hamil, maka carilah sepatu baru yang cukup dan nyaman untuk dipakai.

  1. Tambahkan jumlah asupan kalori per hari

Tips ibu hamil muda ini akan membuat ibu berpikir, berapa banyak lagi makanan yang harus ditambah untuk dikonsumsi jika Ibu harus menambahkan jumlah asupan kalori per harinya.

Dengan melakukan kegiatan ekstra seperti berolahraga, Ibu tentunya akan membakar kalori di tubuh Ibu. Sementara sangat penting bagi Ibu untuk menkonsumsi makanan yang lebih dari biasanya ketika Ibu hamil.

Berapa banyak jumlah kalori yang Ibu perlu tambahkan jika Ibu ingin berolahraga ketika hamil muda tergantung kondisi tubuh Ibu. Ibu bisa melakukan konsultasi ke ahli gizi untuk mengetahui sebrapa banyak kalori yang perlu Ibu tambah dengan BMI (Body Mass Index) yang Ibu miliki.

  1. Jangan sampai dehidrasi

Tips ini sangat penting untuk Ibu ingat dan lakukan ketika berolahraga. Ibu perlu minum air putih sebelum, ketika, dan sesudah berolahraga. Jika pemasukan cairan kurang ketika Ibu berkeringat, suhu tubuh Ibu akan naik lebih cepat. Hal ini tidak hanya dapat membahayakan kondisi tubuh Ibu, namun juga akan berbahaya bagi janin.

  1. Jadikan bagian dari rutinitas sehari – hari

Tips terakhir bagi Ibu yang ingin berolahraga ketika hamil muda adalah untuk menjadikan olahraga kegiatan yang rutin. Selain untuk alasan kesehatan dan kebugaran tubuh, melakukan rolahraga secara rutin juga akan membuat tubuh Ibu lebih terbiasa dan tidak kaget.

Pastikan saja, olahraga yang Ibu lakukan bukan olahraga yang berat, karena trimester pertama adalah trimester yang memang membutuhkan perhatian lebih dan harus dijaga dengan baik.

Selama dokter kandungan Ibu mengatakan aman, Ibu bisa berolahraga ringan ketika hamil muda selama 30 menit setiap harinya.

Bagaimana, Bu? Apakah Ibu ada tambahan tips ibu hamil muda lainnya?.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *