Tips Perawatan Bayi Komplit Bisa Dipelajari Di Sini

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi harus ibu ketahui semuanya, tidak boleh setengah-setengah. Apakah ibu tahu bagaimana cara merawat kulit si kecil yang halus dan sensitif? Apa yang harus ibu lakukan saat si kecil sakit?

Banyak sekali pertanyaan yang perlu ibu temukan jawabannya. Dan jawaban seputar perawatan bayi dijelaskan lengkap di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Kulit Si Kecil

Tentu ibu sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit si kecil. Namun, tahukah ibu apa yang diperlukan selain memandikan si kecil dengan sabun mandi khusus bayi?

Sangat penting untuk memastikan kulit si kecil sehat selalu dengan cara memilihkan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut. Selain itu, hindari memilihkan pakaian dengan aksesoris yang bisa melukai kulit si kecil.

Apakah ibu perlu mengoleska bedak atau lotion? Sebenarnya memandikan si kecil dua kali sehari dengan menggunakan air hangat dan sabun sudah cukup. Ibu tidak perlu menambahkan lotion atau bedak. Bahkan, bedak bukan termasuk bagian dari perawatan bayi yang tepat. Sebenarnya, boleh saja menaburkan bedak pada kulit si kecil. Akan tetapi, sebaiknya ibu harus hindari menaburkan bedak pada bagian wajah karena dikhawatirkan partikel bedak terhirup oleh si kecil.

Perawatan Bayi Saat Sakit

Bayi sering sekali demam dan flu. Jika si kecil mengalami masalah kesehatan, yang harus ibu lakukan hanyalah semakin banyak memberikan ASI. Tidak ada obat yang paling manjur untuk bayi selain ASI. Pasalnya, ASI mengandung nutrisi yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga ia akan segera sembuh.

Namun, saat penyakit di alam oleh si kecil berlangsung lama sekitar 1 minggu, maka ibu perlu perawatan bayi selanjutnya, yaitu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Perawatan Sistem Pencernaan Bayi

Apakah ibu pernah melihat si kecil mengalami diare atau susah buah air besar? Biasanya hal tersebut terjadi saat si kecil pertama kali mendapatkan MPASI atau Makanan Pendamping ASI.

Itu merupakan tanda adanya masalah dengan sistem pencernaan. Hanya saja, ibu tidak perlu khawatir. Jika diare atau susah buang air besar itu disebabkan karena baru pertama kali mendapatkan MPASI, perawatan bayi yang perlu ibu lakukan hanya memberikan banyak ASI saja. Itu merupakan reaksi normal sistem pencernaan tubuh si kecil saja karena baru pertama kali mencernaa makanan yang tidak lunak seperti ASI.

Akan tetapi, jika sudah terbiasa mendapatkan MPASI namun tetap diare atau susah buang besar, maka ibu perlu menerapkan cara perawatan bayi selanjutnya, yaitu mengganti menu makanan yang tepat. Jika diare, maka kurangi makanan yang terlalu banyak kandungan vitamin C. Jika susah buah air besar, maka ibu perlu memperbanyak memberikan menu makanan yang kadar airnya lebih banyak.

Dan yang pasti, untuk perawatan bayi khususnya sistem pencernaannya, maka ibu harus selalu memberikan menu makanan yang mengandung serat. Karena kandungan serat lah yang akan menghindarkan si kecil terkena diare maupun susah buang air besar.

Sekarang ibu sudah tahu bagaimana perawatan kulit bayi, perawatan kesehatan sistem pencernaan serta perawatan yang harus ibu lakukan saat si kecil sakit. Apalagi yang ibu perlukan?

Jika ibu ingin lebih banyak lagi mempelajari hal-hal seputar tips merawat bayi, ibu bisa bergabung dengan forum ibu dan bayi. Di sana, ibu akan mendapatkan semua informasi terutama tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *