Tips Persiapan untuk Melahirkan Bagi Para Suami

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby

Dari berbagai banyak artikel mengenai persiapan untuk melahirkan maka kebanyakan yang dibahas adalah segala hal yang harus dipersiapkan oleh para ibu. Namun, sadarkah bahwa para suami tentunya memiliki peranan yang juga sangat penting saat proses persalinan?

Maka dari itu, alangkah baiknya jika para suami juga turut ikutserta mengambil peran dalam persiapan untuk melahirkan. Berikut tips nya:

  1. Persiapan dalam Menentukan Tempat Bersalin

Dalam menentukan tempat bersalin tentunya seorang istri tidak bisa menentukan sendiri karena para suamilah yang bertanggung jawab dalam mengantarkan sang istri untuk melahirkan. Maka dari itu hendaknya dalam menentukan tempat bersalin para suami dapat mengajak diskusi dengan istri mengenai proses persalinan yang akan dipilih, apakah ingin persalinan normal ataupun persalinan caesar. Setelah ditentukan, survey lah beberapa rumah sakit dan puskesmas yang sesuai dengan keinginan dan tentukanlah tempat bersalin yang terbaik untuk menjaga kesehatan dan keselamatan sang istri dan bayi.

  1. Ketahui Tanda-Tanda Istri Akan Melahirkan

Menjadi suami siaga tentu harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup akan proses persalinan. Alangkah baiknya jika para suami mengetahui dan mengenali tanda-tanda istri akan melahirkan sehingga saat menjelang persalinan sang suami dapat langsung siaga dan mengambil tindakan. Tanda-tanda yang ditunujukkan jika istri akan melahirkan adalah dikeluhkannya nyeri di bagian selangkangan, keluarnya lender yang kental disertai dengan darah dan yang paling utama terjadinya kontraksi yang disertai dengan pecahnya air ketuban.

  1. Hindari Keterlambatan dalam Mengambil Keputusan

Poin inilah yang paling penting dalam persiapan untuk melahirkan bagi para suami. Jika memang saat istri ingin melahirkan dan sang suami sedang tidak berada di dekatnya karena pekerjaan dinas ataupun berbagai alasan lainnya, namun keputusan yang cepat tetap harus dilakukan. Jika memang tidak bisa mendampingi saat persalinan, maka mintalah keluarga baik itu ibu, mertua atau saudara lainnya untuk ikut mendampingi sang istri saat persalinan. Namun jika memang sang suami dapat menemani, maka peran yang harus dilakukan adalah partisipasi dalam menghindari keterlambatan mengambil keputusan penanganan medis. Oleh sebab itu, sebaiknya para suami mengetahui jalan alternatif saat proses persalinan, seperti kendaraan apa yang akan digunakan dan jalan mana yang akan dipilih untuk sampai di tempat persalinan dengan cepat, dan keputusan akan tindakan yang harus dilakukan oleh tim medis ketika terdapat gangguan dalam proses persalinan. Jangan panik dan coba tenangkan diri agar keputusan yang diambil tetap rasional.

  1. Berikan Kasih Sayang dan Perhatian

Setelah 3 tips diatas, maka yang tips selanjutnya yang penting untuk dilakukan oelh suami saat sang istri dalam persiapan untuk melahirkan adalah memberikan kasih sayang dan perhatian yang besar pada sang istri. Segala hal kecil yang dilakukan oleh suami sebagai ekpresi sayang dan perhatian pada sang istri dapat berpengaruh terhadap mental istri sehingga ia dapat menjadi lebih kuat dan siap untuk melahirkan. Hal kecil yang dapat dilakukan adalah dengan mengelus perut sang istri yang berisi buah hati seraya mengucapkan kalimat yang penuh kasih sayang. Dapat pula dilakukan dengan menguatkan dan memberi motivasi pada istri saat persalinan. Saat sudah melahirkan pun, tunjukkan kasih sayang dengan membuat sang istri bangga akan perjuangannya.

Setelah membaca tips diatas, tentunya seorang suami memiliki peranan yang penting dalam mempersiapkan segala hal sebelum melahirkan. Baik itu sebelum maupun sesudah persalinan. Jadi jangan dianggap remeh peran suami dan persiapkan segala kemungkinan yang dapat terjadi untuk kebaikan sang istri dan bayi saat proses persalinan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *