Tips Persiapan Untuk Melahirkan Normal

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby Indonesia

Bagi seorang wanita yang baru menikah, kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Kebahagiaan yang dirasakan tidak hanya untuk ibu saja, tetapi juga untuk suami dan seluruh keluarga besar. Namun, ada juga wanita yang tidak diberi kesempatan sama sekali untuk memiliki momongan. Oleh sebab itu, bagi wanita yang saat ini sedang hamil banyaklah bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menerima momongan. Wanita yang sedang hamil diharuskan untuk mengajak bayi Anda berkomunikasi serta menunjukkan rasa sayang melalui sentuhan lembut di atas perut Anda.

Setelah 9 bulan mengandung sang buah hati, saatnya Anda bersiap-siap untuk melahirkan. Umumnya, wanita ingin melahirkan anaknya secara normal. Namun, wanita cenderung melupakan betapa pentingnya persiapan yang harus disiapkan ketika ingin melahirkan secara normal. Agar Anda tak bingung lagi, dibawah ini akan dijelaskan beberapa persiapan untuk melahirkan dengan persalinan secara normal.

  1. Pelajari Proses Persalinan

Persiapan melahirkan secara normal yang paling utama harus dilakukan oleh calon ibu adalah mempelajari proses persalinan yang akan dilewati. Walaupun sebenarnya banyak ibu-ibu yang menghindari mempelajari hal ini karena takut dan terbayang-bayang betapa sakitnya melakukan persalinan secara normal. Namun, dokter kandungan biasanya menganjurkan agar sang ibu mengerti mengenai proses persalinan normal supaya hasil akhirnya lebih memuaskan. Sang ibu bisa mengambil kelas untuk ibu melahirkan atau sekedar membaca buku panduan mengenai proses persalinan. Sang ibu juga dapat bertanya kepada ibu-ibu lainnya yang sudah berpengalaman dalam hal persalinan normal.

  1. Pilih Dokter Kandungan Yang Sesuai

Sejak awal ketika Anda dinyatakan positif hamil, Anda harus jeli dalam memilih dokter kandungan. Pilihlah dokter yang proaktif dengan pilihan Anda agar proses persalinan normal dapat berjalan dengan lancar. Ketika tiba waktunya Anda harus melahirkan, dokter kandungan Anda akan berperan sebagai orang yang memimpin persalinan, sehingga pilihlah dokter yang dapat bekerjasama dengan Anda secara baik. Pilihlah dokter yang bisa membuat Anda nyaman ketika sedang berkonsultasi dengannya. Selain itu, Anda juga tak boleh lupa untuk mulai memilih dokter anak yang nantinya akan memeriksa atau merawat anak Anda setelah lahir.

 

  1. Bergurulah Dengan Ibu Anda

Pengalaman adalah guru terbaik yang mengajarkan segalanya. Bagi Anda calon ibu yang belum pernah melahirkan dan akan menjadi kesan pertama, tentunya belum memiliki pengalaman yang dapat Anda jadikan panduan saat melahirkan. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mempelajari pengalaman orang lain. Salah satunya, Anda dapat belajar dari pengalaman ibu Anda sendiri. Selain menjadi panduan dalam proses melahirkan, ibu yang berpengalaman juga dapat membantu Anda setelah melahirkan seperti cara merawat bayi, bingungnya menghadapi situasi baru dan bagaimana cara menyusui yang benar. Ibu yang baik tentunya akan sabar mengajari Anda untuk menjadi orang tua yang baik.

  1. Siapkan Tas Inap dan Ruang Rawat Inap

Sebelum tiba saatnya melahirkan, pastikan Anda sudah memiliki rencana untuk melahirkan di rumah sakit mana, memilih kamar tipe yang seperti apa dan mengetahui perkiraan biayanya. Dan pastinya jangan lupa untuk menyiapkan tas yang berisi perlengkapan Anda dan calon bayi Anda, seperti baju, peralatan mandi, bra untuk menyusui, baju bayi dan perlengkapan lainnya. Jadi, ketika kontraksi pertama datang, Anda tidak panik dan langsung mengangkut tas yang sudah Anda persiapkan lalu menuju rumah sakit untuk segera ditangani oleh dokter.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *