Tips Puasa Bagi Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil
Ibu dan Balita

Kesehatan wanita hamil tentu sangatlah penting untuk dijaga, namun, bagaimanakah jika dalam bulan Ramadhan, apakah tidak masalah berpuasa bagi ibu hamil? Apakah kesehatan wanita hamil akan terganggu jika ikut berpuasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka simaklah beberapa tips berikut ini untuk para ibu hamil dalam menjaga kesehatannya dan juga janin saat berpuasa.

Pertama, hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak adalah mengkonsultasikan terlebih dahulu keadaan ibu dan janin pada dokter atau bidan. Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan dengan kondisi terkini kehamilan Anda, maka dokter akan memeriksa perkembangan janin dan juga kesehatan Anda, sebagai pertimbangan untuk membolehkan Anda berpuasa atau tidak. Jika hasil pemeriksaan yang dilakukan menunjukkan riwayat kesehatan yang baik dan tidak membahayakan Anda, maka tidak apa-apa jika Anda ikut puasa.

Dalam beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ibu hamil dengan kondisi dirinya yang sehat dan juga perkembangan janin yang baik meskipun sedang berpuasa, tidak akan mengakibatkan gangguan kelahiran yang akan terjadi saat proses persalinan, namun untuk perbedaan berat badan saat puasa tentu akan terjadi namun hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan karena hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain selain puasa ketika masa kehamilan.

Namun, jika Anda memiliki masalah ketika puasa saat hamil, maka jangan dipaksakan dan makanlah, karena ibu hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa jika tidak memungkinkan. Usahakan juga untuk terus kontrol dengan dokter atau bidan Anda untuk menjaga perkembangan janin saat puasa,

Kedua, kontrollah aktifitas Anda. Ketika Anda sedang hamil atau tidak, tentunya aktifitas yang dilakukan selama mengandung tetaplah berat, maka ketika Anda memutuskan untuk berpuasa, selain perubahan fisik yang dialami dan gangguan selama trimester pertama kehamilan seperti morning sickness, pusing dan gangguan lainnya tentu harus menjadi pertimbangan Anda untuk berpuasa.

Terutama jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik seperti anemia, pendarahan, tekanan darah abnormal dan diabetes maka Anda tidak disarankan untuk berpuasa. Selain kondisi tersebut, yang terutama adalah mengontrol aktifitas Anda, jagalah kesehatan wanita hamil dengan tidak melakukan aktifitas yang berat sehingga tidak kelelahan. Selain itu ketika Anda lelah dan tertekan pada pekerjaan yang membebani, akan terpicu stress dan dapat mengganggu perkembangan janin Anda. Maka jika Anda memutuskan untuk puasa, kurangilah aktifitas Anda dan memperbanyak waktu untuk istirahat agar kondisi Anda dan janin baik.

Ketiga, perhatika asupan gizi dan kesehatan tubuh. Ketika Anda diperbolehkan berpuasa, tentunya Anda harus tetap mengingat asupan nutrisi yang harus dipenuhi kebutuhan janin. Saat berpuasa, maksimalkan pemenuhan gizi Anda pada sahur dan berbuka. Jangan sampai Anda berpuasa melewatkan sahur ya, karena akan berpengaruh pada janin. Terutama sepanjang hari Anda tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, sehingga pastinya Anda akan merasa lemas dan mudah mengantuk.

Maka penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan meminum air yang cukup dan jika memungkinkan meminum jus buah dan sayur di sela sahur dan berbuka. Selain pemenuhan nutrisi, kesehatan wanita hamil juga harus dijaga dengan melakukan olahraga yang cukup. Dengan melakukan yoga atau senam ibu hamil menjelang berbuka bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil agar tetap bugar selama puasa.

Nah, jadi bagi ibu hamil yang ingin berpuasa, tentunya kini tidak perlu khawatir karena sudah diberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan sehingga kesehatan wanita hamil dan perkembangan janin pun dapat dijaga dengan baik selama puasa.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *