Validkah Informasi tentang Radiasi Handphone Pengaruhi Perkembangan Janin?

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Mencemaskan sekali jika benar radiasi yang ditimbulkan dari handphone bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin. Hanya saja, sulit untuk tidak terhindar dari handphone. Itu artinya sulit juga bebas dari radiasi ponsel atau handphone.

Apa itu artinya saat ini semua bayi yang lahir di dunia terkena radiasi handphone?

Mempertanyakan Sebuah Kesimpulan

Sudah banyak peneliti yang menjelaskan bagaimana radiasi bisa mempengaruhi perkembangan seseorang, dan tidak terkecuali janin di dalam kandungan. Bahkan orang dewasa pun bisa terkena radiasi.

Dan itulah yang membuat seseorang dilarang menaruh handphone di saku celana. Karena radiasi handphone bisa berpengaruh terhadap testis dan hal ini berhubungan dengan kesuburan khususnya laki-laki.

Dan penjelasan yang sama juga diungkapkan oleh peneliti tentang pengaruh radiasi ponsel terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan. Bawasannya memang beberapa bayi memiliki masalah dengan perkembangan karena selama hamil ibu mereka sering menggunakan handphone. Umumnya anak cenderung hiperaktif dan susah bersosialisasi.

Hal ini membuat peneliti berkesimpulan bawasannya radiasi handphone mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan seperti perkembangan otak sehingga ketika ia lahir ia memiliki masalah dengan tumbuh kembangnya.

Hanya saja kesimpulan ini masih dipertanyakan. Pasalnya, masalah yang dialami oleh anak seperti hiperaktif dan susah bersosialisasi dengan orang lain bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Selain itu, peneliti juga tidak bisa menjelaskan secara langsung bagaimana radiasi ponsel bisa mempengaruhi perkembangan bayi di dalam rahim.

Inilah yang menimbulkan banyak orang mempertanyakan kesimpulan tentang pengaruh buruk radiasi ponsel terhadap janin.

Antisipasi Lebih Diperlukan

Nah sekarang ibu sudah agak sedikit tenang karena ibu sudah tahu bawasannya belum diketahui secara pasti pengaruh langsung radiasi terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan. Karena jika kesimpulan ini benar, maka hampir semua bayi sekarang in terkena radiasi ponsel.

Akan tetapi, tetap saja langkah antisipasi harus dilakukan. Sekarang ini peneliti masih mencari tahu kaitan atau pengaruh langsung antara radiasi ponsel dengan perkembangan janin.

Dan langkah antisipasi ibu bisa lakukan dengan cara mempercapai bawasannya kesimpulan tersebut benar. Hanya saja ibu tidak boleh terlalu khawatir.

Karena adanya radiasi bukan berarti ibu harus menjauh dari ponsel selama kehamilan. Menjauhi radiasi bisa dilakukan dengan cara seminimal mungkin menelpon tanpa menggunakan hands-free. Karena ternyata radiasi ponsel bisa dihindari hanya dengan menggunakan perangkat hands-free.

Selain itu, hindari menaruh handphone di saku dada. Ibu bisa taruh handphone di tas. Jadi, kemanapun ibu pergi, ibu bisa simpan handphone di tas tersebut.

Hal kecil ini bisa ibu lakukan agar terhindar dari radiasi ponsel. Dan akan lebih baik juga jika ibu sedikit demi sedikit tidak kecanduan menggunakan handphone.

Saat ini seseorang seolah kesulitan untuk tidak menggunakan smartphone. Apalagi ketika media sosial seolah sudah menjadi bagian dari hidup mereka.

Tentu bukan radiasi saja yang menjadi masalah, tapi addict atau candu. Karena jika ibu kecanduan menggunakan smartphone, maka ibu akan kehilangan waktu yang cukup banyak untuk mengurus anak ketika lahir nanti. Dan ini yang sering dialami oleh ibu-ibu saat ini.

Lihat saja bagaimana banyak ibu yang justru sibuk bermain handphone dan kehilangan quality time dengan anak. Apalagi jika anak sudah bisa bermain sendiri. Banyak ibu yang justru membiarkan anak mereka bermain sendiri dan ibu bermain handphone.

Jadi, masa kehamilan tidak hanya masa untuk memperhatikan perkembangan bayi, tapi juga belajar bagaimana menjadi orang tua yang baik, yaitu orang tua yang mencurahkan waktu untuk sang buah hati, mulai ketika anak masih ada di dalam kandungan hingga lahir nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *