Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Penting Bukan Hanya Asam Folat Lho

gizi ibu hamil
Source: Daily Mail

Silakan saja cari di internet vitamin untuk ibu hamil yang paling penting. Ada banyak sekali review mengenai pentingnya asam folat. Setidaknya, dari setiap artikel yang ibu dapatkan, pasti ada keterangan mengenai asam folat. Seolah-olah asam folat itu vitamin yang paling dibutuhkan saat kehamilan.

Bahkan, jika ibu ikuti diskusi di forum Ibu dan Balita, ibu akan mendapatkan jawaban dari anggota forum tersebut tentang pentingnya asam folat untuk ibu hamil.

Lalu bagaimana dengan vitamin untuk kehamilan lainnya? Tentu saja tak kalah penting. Bahkan, yang juga perlu diperhatikan lebih lagi adalah masalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi.

Kenapa? Menurut ahli medis, seorang ibu hamil rentan sekali mengalami hipertensi. Apalagi jika ibu memiliki riwayat hipertensi. Dokter kandungan menyarankan agar ibu mendapatkan treatment atau penanganan khusus.

Mengapa Hipertensi Saat Hamil Berbahaya

Ini bukan sekedar masalah kesehatan ibu hamil saja, tapi janin yang ada di dalam kandungan. Seorang ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi berisiko mengalami keguguran. Ini bahaya terburuk yang bisa saja terjadi.

Mungkin ibu tidak percaya bagaimana hipertensi bisa menyebabkan keguguran. Ibu perlu tahu penjelasan medisnya.

  • Aliran Darah Ke Plasenta Berkurang

Aneh memang, Tekanan darah tinggi tapi justru aliran darah ke plasenta berkurang. Bagaimana ini bisa terjadi? Ada baiknya ibu bertanya langsung pada ahlinya. Ibu bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi kehamilan secara online di www.ibudanbalita.com.

Yang jelas, karena tekanan darah tinggi, aliran darah ke plasenta justru berkurang. Akibatnya, janin pun tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Hal ini sangat berbahaya jika terjadi hingga berlarut-larut. Awalnya, berat badan bayi di dalam kandungan menurun lantaran bayi tidak berkembang. Jika tidak mendapatkan penanganan, bayi bisa mengalami keguguran.

  • Risiko Bayi Lahir Prematur

Bukan hanya keguguran saja risiko hipertensi, tapi juga bayi lahir prematur. Itulah mengapa diperukan vitamin untuk kehamilan yang tepat untuk mengatasi hipertensi ini.

Prematur memang disebabkan oleh banyak faktor. Namun, ibu hamil yang mengalami hipertensi sangat mungkin menyebabkan bayi lahir prematur.

Dan lebih mengkhawatirkan lagi ketika proses persalinan. Biasanya, dokter akan menyarankan agar dilakukan induksi atau operasi caesar. Pasalnya, seorang ibu hamil yang mengalami hipertensi berisiko meninggal saat dipaksa harus melahirkan secara normal.

Lalu vitamin ibu hamil apa yang dibutuhkan untuk mengatasi hipertensi?

Jangan Asal-Asalan Dalam Memilih Obat Untuk Ibu Hamil

Ada banyak obat yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Alasannya tentu karena adanya potensi membahayakan janin di dalam kandungan. Apapun yang ibu konsumsi, pasti juga diserap oleh janin. Obat yang terlalu kuat bisa juga menyebabkan hal buruk bagi janin.

Maka dari itu, tidak semua obat hipertensi itu bagus untuk ibu konsumsi. Sebaiknya ibu tanyakan ke dokter kandungan terlebih dahulu agar ibu mendapatkan rekomendasi obat hipertensi yang aman dikonsumsi saat hamil.

Namun, ada beberapa buah yang disarankan untuk menurukan tekanan darah yang tinggi.

  • Alpukat

Ibu mungkin sudah tahu kandungan vitamin di dalam buah alpukat. Ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan protein tinggi. Namun, ternyata bukan itu saja kandungan yang diandalkan. Ada juga kandungan nutrisi berupa magnesium. Di dalam buah alpukat, terdapat kurang lebih 44 mg magnesium. Vitamin kehamilan inilah yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil yang mengalami hipertensi.

  • Pisang

Kebanyakan ahli kesehatan menyarankan ibu hamil mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga stamina. Karena memang di dalam kandungan pisang terdapat kalori yang sangat tinggi. Menurut penelitian, terdapat sekitar 88,7 kcal di dalam satu buah pisang. Makanya, ini bisa ibu jadikan cemilan di siang hari agar ibu tetap bertenaga meskipun sedang hamil besar.

Namun, tidak banyak yang tahu jika di dalam pisang terdapat kalium. Kandungan ini yang dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Dan kenapa harus pisang? Karena terdapat kandungan kalium sebanyak 358 mg di dalam setiap 100 gram pisang.

  • Jeruk

Memang ada vitamin ibu hamil di dalam buah jeruk yang bisa menurunkan tekanan darah. Hanya saja, buah ini tidak disarankan untuk ibu konsumsi jika ibu memiliki masalah lambung seperti maag.

Sama dengan pisang. Di dalam buah jeruk, terdapat kandungan kalium. Hanya saja, kadarnya lebih rendah jika dibandingkan dengan buah pisang.

Itulah tiga buah yang bisa ibu konsumsi.

Hal Remeh Temeh Yang Bisa Ibu Lakukan

Bukan hanya vitamin untuk ibu hamil saja yang dibutuhkan untuk mengatasi hipertensi saat hamil. Dan tips berikut ini pasti sudah banyak dijelaskan.

  • Jalan Santai Setiap Pagi

Jangan anggap remeh ya bu. Jalan santai bisa menurunkan hipertensi lho. Dan bahkan ini lebih bagus daripada olahraga lain asalkan dilakukan secara rutin.

Jalan santai setiap pagi bisa memperlancar peredaran darah. Inilah yang membuat risiko hipertensi bisa benar-benar diturunkan.

  • Atur Kegiatan

Ini yang mesti dilakukan. Pisahkan antara waktu untuk kerja atau beraktivitas dengan waktu untuk istirahat. Pastikan ibu mematuhi aturan atau jadwal yang sudah ibu tentukan tersebut. Inilah yang bisa mencegah stres yang akhirnya menghindarkan dari terkena hipertensi.

Remah kan? Tapi buktikan sendiri manfaatnya. Kalaupun ibu konsultasi dengan dokter kandungan, pasti dokter akan menyarankan hal tersebut di atas selain tentu saja memberikan obat yang mengandung vitamin untuk ibu hamil tertentu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *