Waktu Tidur Bayi Berdasarkan Rentang Usia

waktu tidur bayi
Johnson’s Baby Indonesia

Bunda, waktu tidur bayi merupakan hal terpenting yang harus bunda perhatikan. Memang, bayi yang baru lahir selalu terlihat menggemaskan ketika ia sedang tidur. Mungkin bunda bertanya-tanya apakah normal jika si Kecil tidur terlalu lama setiap harinya. 

Bunda, yang perlu bunda tahu adalah bahwa siklus tidur bayi akan berubah setiap usianya mulai bertambah. Para pakar kesehatan bayi mengulasnya dengan rincian sebagai berikut.

Usia bayi 1-2 bulan

Jika bayu Bunda berusia 1 hingga 2 bulan, bukanlah hal merisaukan jika si bayi banyak tidur. Umumnya, bayi yang baru lahir memang lebih sering memejamkan matanya daripada terjaga melihat dunia barunya. Di bulan pertama dan kedua, si Kecil pada umumnya akan tidur selama 8 jam di malam hari dan 8 jam di siang hari. Kesimpulannya, secara keseluruhan bayi Anda tidur selama 16 jam dalam 1 hari. Jadi, Bunda jangan sedih jika buah hati hanya membuka matanya selama 8 jam saja.

Usia bayi 3-5 bulan

Waktu tidur bayi 3 bulan hingga 5 bulan lebih menurun dibanding ketika masih di bulan pertama dan kedua. Bahkan perbedaan waktu tidur bayi pun berbeda dari siang dan malamnya setelah usianya bertambah. Bunda jangan heran jika ketika memasuki usia ke-3 bulan bayi kecil Bunda jadi lebih lama tidur malamnya. Idealnya, bayi usia 3 hingga 5 bulan tidur selam 10 jam di malam hari dan 5 jam di siang hari. Artinya, dalam 24 jam buah hati Bunda tidur selama 15 jam. Jangan, khawatir ya, Bunda!

Usia bayi 6-8 bulan

Memasuki usia ke-6 bulan hingga 8 bulan, waktu tidur bayi Bunda lebih berkurang, meski hanya sekitar 45 menit. Namun seiring perjalannya menuju usia 1 tahun, waktu tidurnya di malam hari semakin meningkat, namun menurun di siang hari. Jadi, saat usianya buah hati Bunda sekitar 6 bulan hingga 8 bulan, si Kecil akan tidur selama 11 jam di malam hari dan selama 3 ¼ jam di siang harinya. Berkurang 45 menit dari fase tidur sebelumnya, bukan?

Usia bayi 9-11 bulan

Nah, saat bayi Bunda menginjak usia ke-9 bulan, waktu tidur bayi juga akan semakin berkurang. Bunda pun akan senang dan bahagia karena buah hati tercinta banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang sekitar. Di usia 9 hingga 11 bulan, si Kecil akan mulai jenuh tidur terlalu lama di siang hari. Meskipun di malam hari masih tidur dengan waktu yang lama yaitu 11 jam, di siang harinya bayi Bunda hanya akan tidur selama 3 jam saja. Saatnya menghabiskan waktu bahagia dengan si Kecil, Bunda!

Usia bayi 12 bulan/1 tahun

Memasuki usia 1 tahun atau 12 bulan, waktu tidur bayi berkurang cukup signifikan dengan saat pertama kali ia melihat dunia. Pasalnya, secara normal di malam hari buah hati kesayangan Bunda tidur selama 11 jam 15 menit dan di siang harinya tidur selama 2 jam saja. Wah, waktu tidurnya sudah banyak berkurang, ya! Saatnya menyiapkan pesta ulang tahun pertama untuk si Kecil!

Setelah mengetahui informasi di atas, semoga Bunda tidak lagi khawatir, ya! Buang rasa was-was Bunda tentang normal tidaknya lama tidur buah hati setelah membaca kerangan waktu tidur bayi!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *