Waspada, Preeklampsia Salah Satu Penyebab Kematian Pada Ibu dan Bayi

Preekslampsia, kematian ibu dan balita, puasa
www.ibudanbalita.com

Masih menjadi permasalahan di mana angka kematian ibu dan bayi sangat tinggi. Banyak faktornya, tentu saja. Kesadaran tentang penting menjaga kesehatan ibu hamil menjadi faktor yang sangat mempengaruhi hal ini.

Untungnya sekarang semakin banyak ibu hamil yang mengakses situs ibu dan balita, sebuah situs yang menyediakan semua informasi kehamilan mulai dari tips menjaga kehamilan hingga cara mengatasi keluhan kesehatan saat hamil.

Bahkan, forum di situs tersebut juga cukup ramai. Jika ibu sedang hamil, sangat disarankan agar mengunujungi dan bergabung dengan forum di situs tersebut. Tidak lain agar ibu terus mendapatkan update informasi terbaru tentang kesehatan ibu hamil. Dan akhirnya resiko terjadi hal buruk terhadap ibu dan bayi bisa dihindari.

Namun, selain kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil, ada hal lain yang juga menjadi sorotan, yaitu preekslampsia.

Sekilas Tentang Preekslampsia

Secara fisik, preekslampsia ini bisa dikatakan sebagai pembengkakan pada bagian tubuh tertentu ketika seorang wanita sedang hamil. Bagian yang sering terjadi pembengkakan adalah wajah dan kaki.

Akan tetapi, bukan itu yang disebut dengan preekslampsia. Ini semacam gangguan kesehatan yang dialami oleh seorang ibu hamil yang bisa berakibat fatal terhadap kesehatan ibu hamil atau bayi di dalam kandungan.

Memang preekslampsia ini biasanya ditandai dengan bengkak pada bagian wajah dan kaki. Namun, ada tanda lainnya juga.

Salah satunya adalah gangguan penglihatan. Ibu harus tahu preekslampsia ini awalnya disebabkan karena tekanan darah yang tinggi. Menurut ilmu kedokteran, tekanan darah yang tinggi ini pula yang bisa menyebabkan adanya gangguan pada penglihatan.

Selain itu, ibu hamil yang mengalami preekslampsia juga ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada bagian atas perut. Bahkan, hal tersebut sering diikuti dengan sakit kepala yang parah serta muntah.

Jika hal ini dibiarkan terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin kesehatan ibu dan bayi terganggu. Bahkan, tidak jarang kematian ibu dan bayi disebabkan oleh preekslampsia ini.

Kabar Baik Untuk Ibu Hamil

Mendengar penjelasan tersebut di atas, pastinya sebagai ibu hamil, ibu sangat khawatir jika hal tersebut terjadi pada ibu. Sebelum ibu mencari tahu langkah pencegahan seperti apa, ada kabar baik yang harus ibu ketahui.

Meskipun masalah kesehatan yang satu ini sangat berbahaya, untungnya hanya 1 dari 10 ibu hamil yang beresiko terkena preekslampsia ini. Jadi, bisa dikatakan sangat jarang sekali seorang ibu hamil yang mengalami masalah kesehatan yang satu ini.

Ibu sekarang bisa tenang, bukan?

Mencegah Preekslampsia

Alasan yang klise dan ibu pasti sudah sangat sering mendengar. Menjaga asupan gizi dan kesehatan menjadi cara yang ampuh untuk mencegah preekslampsias.

Namun, apa detailnya?

Salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk mencegah preekslampsia adalah dengan memastikan tubuh mendapatkan kalsium yang cukup. Menurut ilmu kedokteran, preekslampsia ini disebabkan karena asupan kalsium yang kurang selama masa kehamilan.

Tentu saja ada faktor lainnya yang bisa dengan lengkap ibu baca di www.ibudanbalita.com

Dan yang pasti, sebaiknya selalu mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalsium agar terhindar dari preekslampsia.

Namun, pemeriksaan yang rutin oleh bidan atau dokter anak sangat diperlukan. Karena tenaga medis lah yang bisa mengetahui bagaimana resiko preekslampsia bisa ibu alami.

Jadi, jaga asupan nutrisi selama masa kehamilan dan periksakan kesehatan secara rutin satu kali dalam satu bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *