Yakin Kalau Mengkonsumsi Kangkung Bisa untuk Menjaga Kesehatan Wanita Hamil?

Kesehatan Wanita Hamil
Ibu & Balita

Kesehatan wanita hamil sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi setiap hari. Meninggalkan fast food dan beralih mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau membuat setiap wanita hamil yakin bahwa mereka sudah menerapkan tips untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Bagaimana dengan sayuran hijau berupa kangkung? Apakah ibu yakin sayuran yang satu ini bisa ibu jadikan sebagai menu makanan untuk menjaga kesehatan wanita hamil? Jangan asal mengkonsumsi apalagi karena ikut-ikutan apa kata orang. Ketahui dulu alasannya dan apakah ada efek negatif dari mengkonsumsi sayuran hijau berupa kangkung ini?

3 Manfaat Penting Kangkung

Seperti halnya sayuran hijau lainnya, kangkung memiliki banyak sekali manfaat. Akan tetapi, bagi ibu hamil, ada tiga manfaat sangat penting yang bisa langsung ibu hamil rasakan.

  • Mengatasi Susah Tidur

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh seorang ibu hamil adalah susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Hal ini bisa disebabkan banyak hal. Ada yang karena stres akibat menumpuknya pekerjaan. Ada juga yang disebabkan oleh faktor hormonal.

Akan tetapi, rasa tidak nyaman sering menyebabkan insomnia ini dialami oleh seorang ibu hamil. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin bisa mengganggu kesehatan wanita hamil. Bagaimana tidak. Jika seorang ibu hamil tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat di malam hari, tentu sangat mungkin di mana kesehatannya akan terganggu.

Jika ibu selama masa kehamilan masih sering mengalami insomnia, tidak salah jika ibu mengatasi masalah yang satu ini dengan cara mengkonsumsi sayuran kangkung. Buatlah menu makan malam dengan sayuran berupa kangkung. Ibu akan tidur lelap di malam hari.

  • Obat Diabetes Saat Hamil

Saat ibu sedang hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan apalagi obat-obatan berbahan kimia. Oleh sebab itu, saat ibu mengalami masalah kesehatan, ibu sebaiknya mencari alternatif lain selain minum obat kimiawi.

Jika ibu divonis mengalami diabetes, ibu bisa mengatasi masalah yang satu ini dengan cara mengkonsumsi sayuran kangkung. Ini cara yang paling aman walaupun diabetes bisa diatasi dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun, bukankah lebih baik cara yang membutuhkan waktu yang lama daripada cepat namun mengganggu kesehatan wanita hamil?

  • Mengatasi Sembelit

Kandungan serat di dalam kangkung cukup tinggi. Itulah mengapa saat ibu mengalami sembeli, ibu lebih banyak mengkonsumsi sayuran kangkung. Semakin banyak maka masalah sembelit akan segera teratasi.

Terlepas dari manfaat terserbut di atas, ibu harus mengantisipasi hal yang satu ini.

Efek Samping Mengkonsumsi Kangkung

Memang kesehatan wanita hamil akan terjaga saat ibu makan sayur kangkung. Namun, siapa sangka sayuran hijau ini juga bisa mendatangkan efek samping. Salah satunya adalah rasa kantuk yang luar biasa.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkonsumsi kangkung bisa mengatasi insomnia. Tentu itu hal yang bagus. Namun, bagaimana jika rasa kantuk menyerang pada saat ibu harus beraktivitas di pagi hari?

Oleh sebab itu, sebaiknya ibu tidak menjadikan sayur kangkung sebagai menu sarapan atau makan siang. Dikhawatirkan ibu justru mengantuk di kantor sehingga aktivitas ibu terganggu.

Jadi, ibu sekarang sudah tidak lagi ikut-ikutan mengkosumsi kangkung untuk menjaga kesehatan kehamilan. Ibu sudah tahu tiga manfaat penting serta alasannya. Namun, walaupun banyak nutrisi yang ada di dalam kangkung, tetap saja ibu harus mengkonsumsi susu. Pasalnya, ada manfaat yang tidak bisa didapatkan dari menu makanan seperti sayur kangkung agar kesehatan wanita hamil selalu terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *