Yang Orang Tua Harapkan Ketika Perkembangan Janin 16 Minggu

perkembangan janin
Ibu dan Balita

Perkembangan janin mencapai 16 minggu artinya kehamilan mencapai usia 4 bulan. Meskipun masih dikatakan kehamilan muda, tapi ada hal yang menakjubkan terjadi ketika usia kandungan 16 minggu atau 4 bulan.

Setiap usia kehamilan, pasti ada tanda-tanda yang ibu akan rasakan. Dan inilah beberapa hal yang ibu inginkan jika usia janin sudah mencapai 16 minggu.

Bayi Bergerak Di Dalam Kandungan

Kenapa bayi bisa bergerak ketika masih ada di dalam kandungan? Layaknya manusia, bayi bergerak sebagai salah satu respon.

Ibu mungkin bergerak karena ada faktor penyebab seperti rasa capek, adanya suara yang memanggil, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan bayi di dalam kandungan. Ia bergerak sebagai respon atas sesuatu.

Sebelum menjelaskan tentang respon dari mana gerakan yang dilakukan oleh bayi, ibu harus tahu terlebiy dahulu bawasannya janin usia 16 bulan (4 bulan) sudah memiliki organ tubuh yang sudah sempurna. Salah satu organ tubuh yang bisa dikatakan sudah berfungsi dengan baik adalah organ pendengarannya.

Dan tahukah ibu ternyata bayi di dalam kandungan bergerak itu karena suara yang ia dengar lho. Jadi, ketika perkembangan bayi sudah berusia 16 minggu, ia sudah bisa mendengarkan suara dari luar.

Tentu ada baiknya dan juga ada buruknya. Jika si kecil selalu mendengarkan suara yang bising, maka istirahatnya akan terganggu. Karena ia susah tidur.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu selama mengandung menghindari tempat-tempat yang bising, terutama di malam hari. Usahakan ibu sudah berada di rumah di malam hari. Lupakan begadang apalagi begadang di kafe dengan hentakan musik yang keras.

Wajah Bayi Sudah Sedikit Terlihat Jelas

Mungkin ibu setiap satu bulan sekali konsultasi dengan dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan USG. Sayangnya, jika usia janin di bawah 16 minggu, wajahnya belum terlihat.

Berbeda jika perkembangan janin sudah mencapai 16 minggu. Wajahnya akan sedikit terlihat jelas. Setidaknya ibu akan melihat bentuk hidung dan mulutnya.

Sayangnya, ibu susah sekali untuk melihat wajah bayi dalam kandungan ketika mendapatkan pemeriksaan USG. Alasannya adalah mata bayi sudah bisa melihat dan sensitif terhadap cahaya. Itulah mengapa saat dilakukan pemeriksaan USG, ibu akan melihat janin membelakangi cahaya yang datang.

Hal tersebut merupakan respon karena ia merasa tidak nyaman dengan cahaya yang datang. Terkadang matanya juga ditutupi dengan tangan. Dan karena hal ini, ibu tidak bisa melihat secara lebih jelas bentuk wajah bayi.

Dua hal tersebutlah yang paling diharapkan oleh orang tua, terutama ibu hamil. Namun, terkadang dua hal tersebut tidak terjadi. Mungkin saja disebabkan perkembangan bayi yang kurang optimal.

Oleh sebab itu, seorang ibu hamil disarankan agar memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan setiap hari. Tidak lain adalah untuk memastikan perkembangan bayi di dalam kandungan optimal. Dengan demikian, saat usia 4 bulan, bayi sudah bisa bergerak ketika mendengarkan suara dari luar, penglihatannya sudah bisa digunakan, dan bentuk wajahnya sudah sedikit lebih terlihat.

Semoga bayi yang ibu kandung sehat selalu. Makanlah makanan yang sehat dan jangan lupa minum susu ibu hamil yang terbaik setiap hari. Ibu tidak perlu khawatir dengan perkembangan janin jika ibu sudah rutin melakukan hal tersebut.

Selain itu, karena usia kehamilan sudah 4 bulan, ibu sudah diperbolehkan untuk melakukan senam ibu hamil agar kebugaran ibu selalu terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *