Yang Paling Ditakutkan Sebelum Melahirkan

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Ternyata bukan proses persalinan yang paling ditakutkan. Dan jika ibu takut dengan proses persalinan, sebenarnya itu ketakutan yang tidak mendasar, apalagi sekarang tenaga medis sudah professional dan alat-alat kedokteran sudah sangat canggih. Jika terjadi hal yang berbahaya ketika persalinan dilakukan secara normal, tenaga kesehatan akan melakukan antisipasi dan jika tidak memungkinan melakukan persalinan normal, sudah ada alternatif lain yaitu operasi caesar.

Ada juga metode melahirkan yang disebut dengan gentle birth. Yang pasti, tidak seharusnya ibu takut terhadap proses persalinan. Keilmuan dan juga teknologi sudah berkembang dan persalinan bukan lagi hal yang perlu untuk dikhawatirkan.

Lalu apa yang sebenarnya perlu ibu takutkan?

ASI tidak keluar. Ini yang seharusnya ibu takutkan. Dan ibu harus tahu banyak ibu yang baru sadar ternyata setelah bayi lahir ke dunia, ASI tidak keluar. Mereka sangat kecewa pada diri sendiri karena tidak bisa memberikan ASI untuk sang buah hati. Tentu ibu tidak ingin hal ini terjadi bukan? berikut ini kuncinya

Kunci Utama Agar ASI Keluar dengan Mudah

Sangat wajar jika ibu pada awalnya kesulitan untuk mengeluarkan ASI dan memberikannya kepada si kecil. Apalagi jika ibu baru pertama kali mempunyai bayi. Kesulitan di waktu pertama kali memberikan ASI itu hal yang sangat wajar. Pasalnya, ibu dan juga bayi memerlukan adaptasi. Meskipun bayi sudah memiliki intuisi sendiri bagaimana minum ASI langsung dari payudara ibu, tetap saja bayi membutuhkan waktu agar terbiasa. Hanya saja, jika sampai 3 hari lebih ASI tidak keluar ibu perlu mulai khawatir.

Biasanya, ASI sudah bisa keluar dan disedot oleh si kecil di hari pertama dan kedua namun jika sudah 3 hari ASI tidak keluar, itu artinya ada masalah pada diri ibu. Sebenarnya kunci utama agar ASI lancar adalah menghindari stress. Mungkin ibu terlalu stress ketika menghadapi persalinan hal tersebut lah yang membuat kondisi kesehatan ibu kurang bagus. Ibu harus tahu kualitas serta kuantitas ASI itu dipengaruhi oleh kondisi kesehatan ibu. Jadi, lepaskan semua beban dan buang jauh kekhawatiran yang ada di benak ibu agar ASI bisa keluar dengan lancar.

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan pasca melahirkan agar ibu tidak stress sehingga ibu bisa memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup. Ibu bisa terapkan tips menghindari stress yang dialami oleh ibu hamil paska melahirkan di www.ibudanbalita.com.

Sebenarnya itu bukan hanya media yang digunakan untuk menyebarkan informasi kesehatan ibu hamil saja. Ada juga layanan lain seperti chatting bersama komunitas ibu serta konsultasi dengan pakar kesehatan.

Namun, karena ibu saat ini mencari tahu apa yang seharusnya ibu lakukan agar ASI lancar, maka ibu bisa cari dulu informasi bagaimana mencegah stress agar produksi ASI tidak terhambat.

Bagaimana Jika ASI Tidak Keluar

Kabar buruk jika ASI tidak keluar. Karena ASI merupakan asupan gizi terbaik untuk bayi.

Hanya saja, jika hal buruk itu terjadi, ibu tidak boleh langsung menyerah. Ibu coba terapkan tips agar tidak stress. Konsultasi dengan dokter atau terapis agar ibu mendapatkan penanganan khusus untuk masalah tersebut.

Yang pasti, jangan menyerah terlebih dahulu. Memberikan sufor itu artinya ibu menyerah. Masih ada cara lain agar ibu tetap bisa memberikan asupan nutrisi terbaik untuk si kecil. Konsultasikan sekarang dengan ahlinya di website ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *