Yodium Sebagai Nutrisi Ibu Hamil Trimester 3 Paling Penting. Ibu Tahu Mengapa?

perkembangan janin
www.facebook.com/ibudanbalita/

Dari sekian banyak nutrisi ibu hamil trimester 3, yodium sangatlah penting. Dan survey membuktikan ibu hamil yang tinggal di daerah pegunungan rentan sekali mengalami kekurangan yodium. Ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diantisipasi.

Berbeda dengan ibu hamil yang tinggal di daerah pesisir yang hampir setiap hari mereka bisa dengan mudah mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung yodium. Hal ini disebabkan mereka dekat dengan bibir pantai sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan ikan laut yang mengandung banyak yodium.

Terlepas di manapun ibu berada, ibu harus pastikan nutrisi kehamilan trimester 3 ini harus tercukup. Ingin tahu kenapa?

3 Masalah Yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil

Setiap kekurangan nutrisi, pasti ibu hamil akan mengalami keluhan kesehatan. Kekurangan protein membuat ibu atau bayi di dalam kandungan memiliki berat badan yang rendah. Kekurangan kalsium akan membuat ibu mengalami masalah pada tulang dan gigi. Lalu, bagaimana dengan kekurangan yodium?

Menurut penelitian, ada tiga hal berbahaya yang bisa saja terjadi jika ibu kekurangan nutrisi ibu hamil ini.

  1. Bayi Mengalami Penyakit Gondok

Ibu harus tahu sampai usia 1 tahun nanti, si kecil tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam atau yodium lho. Dan kebutuhan yodium tersebut sebenarnya sudah ia dapatkan ketika masih ada di dalam kandungan.

Sayangnya, banyak bayi yang mengalami penyakit gondok lantaran selama masa kehamilan seorang ibu hamil tidak mendapatkan asupan yodium yang cukup. Tentu ibu tidak menginginkan hal ini terjadi pada si kecil, bukan? Oleh sebab itu, pastikan ibu menggunakan garam yang beryodium atau mengkonsumsi ikan laut selama masa kehamilan.

  1. Keguguran Secara Spontan

Ini yang paling dikhawatirkan. Terkadang keguguran itu ada tanda-tandanya seperti terjadi kontraksi yang begitu kuat, keluarnya air ketuban yang disertai dengan darah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jika ibu tidak mendapatkan yodium yang cukup, ibu beresiko mengalami keguguran secara spontan. Maka sebenarnya tidak aneh jika ada seorang ibu hamil yang tiba-tiba bayi di dalam kandungan hilang. Bisa saja, janin mengalami keguguran namun ibu tersebut tidak menyadari hal tersebut.

  1. Perkembangan Bayi Kurang Optimal

Semua nutrisi ibu hamil tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi ketika sudah lahir nanti. Begitu juga nutrisi berupa yodium. Ternyata, bayi yang ketika masih ada di dalam kandungan mendapatkan yodium yang cukup bisa tumbuh lebih tinggi daripada bayi yang tidak mendapatkan asupan berupa yodium.

Lebih dari itu, yodium juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi lho. Agar ibu memiliki anak yang cerdas dan tidak mengalami kesulitan dalam belajar bicara, menulis, dan belajar apa saja nanti, ibu harus cukupi asupan nutrisi berupa yodium ya.

Setelah ibu tahu informasi mengenai nutrisi untuk ibu hamil trimester ke 3 ini, semoga ibu tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ibu bisa konsultasikan dengan dokter kandungan apakah yodium di dalam tubuh ibu sudah tercukupi atau belum. Dokter lebih tahu apa tanda yang muncul ketika ibu kekurangan yodium. Namun, yang tak kalah penting lagi, ibu harus mencukupi nutrisi lainnya secara seimbang, tidak boleh terlalu berlebihan atau terlalu sedikit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *