Yuk Ajak Si Kecil Belajar Mengenal Warna

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Satu pertanyaan yang harus dihindari. Yaitu bertanya “warna apa itu?” Ternyata, pertanyaan tersebut menghambat si kecil dalam mengenal warna. Selain itu, pertanyaan seperti itu juga kurang menarik bagi anak. Bukankah pembelajaran yang menarik itu sangat dibutuhkan untuk si kecil?

Lalu, cara yang paling tepat untuk mengajari si kecil tentang warna itu seperti apa? Ada beberapa catatan yang harus ibu ketahui terlebih dahulu.

Catatan Penting Ketika Mengajari Warna

Ingat ya bu. Anak ibu baru belajar membedakan warna. Itu sangat sulit jika ibu hanya bertanya “itu warna apa?” Akan lebih mudah jika ibu memberikan opsi dengan mengatakan dua warna dan biarkan si kecil memilih dan mengulang warna yang ibu katakan.

Masih ingat bagaimana anak belajar berbicara? Pada dasarnya anak ibu belajar menirukan apa yang ibu ucapkan. Semakin sering ibu membuat anak meniru ucapan ibu maka anak ibu akan semakin cepat bisa berbicara dan juga membedakan warna.

Jadi, apa yang harus ibu lakukan? Jelas sudah, bukan?

Selain itu, harus ada media yang digunakan. Hal ini akan dijelaskan pada tips belajar mengenal warna berikutnya.

Tips Mengajarkan Warna

Yang perlu ibu ingat lagi jangan menggunakan pertanyaan “warna apa itu?”. Selain tidak menarik, pertanyaan tersebut menyulitkan si kecil dalam belajar tentang warna. Akan lebih baik jika ibu menggunakan pertanyaan “Mau warna merah atau warna putih?”

Biarkan si kecil sering mendengarkan nama warna dan biarkan dia mengulang atau menirukan untuk mengatakan kata tersebut.

Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut. Pada intinya, ibu memerlukan media yang tepat agar ibu bisa lebih mudah mengenalkan warna kepada si kecil.

  • Ajak Si Kecil Belanja

Belajar tidak harus di rumah dan terkesan kaku lho bu. Ibu bisa ajak si kecil jalan-jalan ke tempat perbelanjaan. Dan saat ibu ingin membeli sesuatu seperti baju, kaos, atau apa saja, sesekali ibu bertanya “Adik suka warna merah atau hijau?” Pasti lebih menyenangkan dan si kecil lebih tertarik.

  • Mewarnai

Ibu sudah tahu daftar permainan kreatif dan edukatif yang sudah diulas di www.ibudanbalita.com? Silakan kunjungi dan ibu bisa dapatkan beberapa ide permainan yang tepat sesuai usia si kecil.

Salah satunya adalah mewarnai. Ada banyak sekali buku mewarnai yang bisa ibu beli di toko-toko buku. Selain menggali kreativitas anak, ini juga cara yang tepat untuk mengajarkan tentang warna kepada si kecil lho.

Saat sedang mewarnai, ibu bisa berinteraksi dengan mengatakan “Bagian yang ini mau diwarnai warna hijau atau biru, dik?” Biarkan si kecil menjawab. Menarik, bukan?

  • Memilih Baju yang Mau Dipakai

Ada banyak momen yang bisa ibu gunakan untuk mengajarkan si kecil tentang warna. Salah satunya momen ketika ibu ingin memakaikan baju.

Ibu bisa tanya “Adik mau pakai baju warna merah atau kuning?” sambil menunjukkan baju kepada si kecil.

Tentu saja masih banyak ide lain yang bisa ibu coba. Namun, setidaknya ibu sudah punya gambaran bukan bagaimana cara mengajarkan warna kepada si kecil?

Ibu bisa bergabung dengan komunitas ibu dan balita agar ibu bisa mendapatkan informasi dari orang tua lainnya tentang bagaimana mereka memaksimalkan tumbuh kembang sang buah hati mereka. Ikuti terus diskusi di komunitas tersebut dan ibu pasti akan mendapatkan manfaatnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *