Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Komedo

cara mengatasi komedo

Cara mengatasi komedo menurut sebagian besar orang lebih sulit daripada menghilangkan jerawat. Apakah kamu setuju?

Memang pernyataan tersebut tidaklah salah. Hanya saja, bukan berarti penyataan tersebut 100% tepat. Pasalnya, jika kamu tahu penyebab munculnya komedo, kamu akan tahu bagaimana cara menghilangkan komedo tersebut. Terlepas apakah kamu akan menerapkan cara mengatasi komedo secara alami atau dengan menggunakan produk berbahan kimia, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi pada kulit wajah kamu sehingga muncul komedo. Setelah itu, baru kamu bisa mencari serta menerapkan cara tepat mengatasi komedo.

Penyebab Munculnya Komedo bagi Anak Muda

Kebanyakan anak muda lah yang mengalami masalah dengan komedo. Remaja usia 15-20 tahun sering mengalami masalah ini. Kamu tahu kenapa?

Para ahli kesehatan kulit menyatakan bahwa remaja memproduksi minyak yang sangat banyak. Hal ini dipengaruhi oleh masa puber mereka sehingga mempengaruhi produksi hormone serta produksi minyak pada wajah.

Sayangnya, ketika produksi minyak berlebihan, mereka tidak begitu concern dengan hal tersebut. Mereka tetap melakukan hal yang sama, memperlakukan kulit wajah dengan perlakuan yang sama. Padalah, pada kondisi seperti ini, mereka seharusnya sudah tahu bagaimana memberikan treatment yang lebih untuk wajah sebagai perawatan wajah kusam.

Selain itu, makeup juga sering menjadi penyebab munculnya komedo. Remaja merupakan masa di mana mereka mulai mengeksplorasi. Mereka ingin tampil cantik sehingga mencoba makeup ini dan itu. Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa tidak semua makeup itu membuat mereka cantik. Justru sebaliknya, ada makeup yang membuat kulit wajah mereka bermasalah seperti kering, berjerawat, dan muncul komedo.

Penyebab Komedo pada Wanita Dewasa

Komedo tidak hanya dialami oleh anak muda. Komedo juga sering menyerang wanita dewasa. Hanya saja, penyebabnya sedikit lebih berbeda. Selain makeup, penyebab lain kenapa wanita dewasa mengalami masalah komedo adalah gaya hidup yang tidak sehat. Sering pulang malam, kurang istirahat, mengkonsumsi alkohol, serta merokok menjadi penyabab paling buruk sehingga mereka mengalami masalah pada wajahnya.

Selain itu, tingkat stres yang tingga yang mungkin dikarenakan beban pekerjaan atau masalah sosial membuat mereka harus berhadapan dengan masalah komedo pada wajah. Untuk itulah, penting sekali bagi para wanita muda, khususnya kamu yang aktif setiap hari untuk tahu bagaimana cara mengatasi komedo yang tepat.

Langkah yang Perlu Kamu Lakukan sebagai Cara Mengatasi Komedo

Setelah kamu tahu ada sedikit perbedaan antara penyebab munculnya komedo pada remaja dan wanita dewasa, kamu mungkin akan berpikir bahwa cara untuk mengatasi komedo berbeda.

Sebenarnya, pada intinya cara mengatasi komedo itu sama, yaitu menerapkan pola hidup yang sehat. Tentu hal ini memerlukan penjelasannya sangat panjang. Namun, setidaknya bagi kamu yang memiliki masalah komedo, kamu harus mulai meninggalkan mengkonsumsi alkohol dan merokok. Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat terutama sayuran hijau. Lupakan begadang setiap malam. Ikuti anjuran dokter untuk selalu istirahat cukup.

Selain itu, penting juga untuk kamu ketahui bahwa menentukan produk pencuci muka itu sangat penting. Jika ada komedo, memencet komedo hitam agar hilang bukanlah cara yang tepat. Untuk menghilangkan komedo, kamu hanya perlu mencuci wajah setiap hari menggunakan produk yang tepat yang sesuai dengan kulit wajah kamu.

Jika perlu, kamu bisa menggunakan masker alami seperti masker yang terbuat dari putih telur dan jeruk nipis. Ini menjadi treatment khusus yang kamu terapkan satu atau dua minggu sekali. Sementara itu, mencuci muka dengan sabun pembersih yang tepat harus juga dijadikan sebagai bagian dari cara mengatasi komedo.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *