Yuk, Intip Bagaimana Bidan Melakukan Perawatan Bayi

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi memerlukan teknik tertentu. Mungkin ibu mengira apa yang ibu lakukan asal sesuai dengan apa yang diajarkan oleh orang tua atau teman yang sudah memiliki pengalaman merawat bayi itu sudah pasti tepat. Padahal, pada kenyataannya tidak.

Itulah mengapa ibu perlu belajar tentang perawatan bayi kepada ahlinya. Dalam hal ini, sangatn disarankan agar ibu belajar bagaimana seorang bidan merawat bayi. Apakah ibu berniat untuk belajar merawat bayi dari seorang bidan?

Jika ya, ibu tidak perlu menunda-nunda lagi. Tentu banyak sekali jenis perawatan bayi yang akan ibu pelajari. Akan tetapi, sangat disarankan untuk belajar bagaimana memijat tubuh si kecil.

Tentu saja pijatan untuk bayi tidak sekeras pijatan untuk orang dewasa. Akan tetapi, lebih dari itu, ibu juga harus tahu teknik pemijatan bayi yang tepat.

Cara Memijat Bayi yang Benar

Tentu saja sangat berbeda ketika ibu melakukan pemijatan bayi. Untuk itu, penting sekali bagi ibu agar tahu bagaimana melakukan pijatan untuk si kecil.

Untuk bagian wajah, ibu cukup menggunakan dua ibu jari untuk memijat tengah kening. Arahkan pijatan dari tengah kening menuju ke pipi bayi. Lakukan beberapa kali. Untuk bagian kepala, ibu juga gunakan ibu jari saja. Hanya saja, untuk memijat bagian kepala, ibu harus ekstra hati apalagi jika bayi ibu masih berusia belum genap satu bulan. Kepala masih sangat lunak sehingga pijatan yang sedikit lebih keras bisa membahakan si kecil.

Bagaimana dengan perawatan bayi bagian dada? Untuk pijatan bagian dada si kecil, ibu cukup melakukan gerakan dari dada menuju ke atas dan ke samping membentuk simbol hati.

Untuk perawatan bayi bagian kaki, yang sangat penting adalah pijatan bagian telapak kaki. Ibu tidak melakukan gerakan seperti memijat bagian dada bayi. Ibu cukup menekan-nekan bagian telapak kaki menggunakan ibu jari. Sementara itu, untuk paha kaki, ibu bisa mengurut dengan cara meggerakkan ibu jari dari paha hingga ke pergelangan kaki. Saat jemari ibu sudah sampai di pergelangan kaki si kecil, ibu ganti arah ke atas, yaitu menggerakkan jemari dari pergelanagan kaki hingga pangkal paha.

Kenapa Si Kecil Perlu Dipijat

Mungkin ibu juga bertanya kenapa bayi perlu dipijat. Bagi orang dewasa, mereka ingin sekali dipijat saat merasa lelah. Lalu, bagaimana dengan bayi? Bukankah ia belum merasakan lelah?

Ibu tidak boleh salah karena bayi pun bisa merasakan lelah. Walaupun ia belum berjalan, tapi otot-ototnya juga menegang sehingga perawatan bayi berupa pemberian pijatan yang tepat akan membuat otot si kecil tidak tegang sehingga ia akan nyaman dan tidur lelap.

Beberapa ibu mengeluhkan si kecil suka bangun di malam hari. Sebelum tidur pun bayi sering menangis. Kemungkinan bayi tersebut sedang capak. Untuk itu, ikuti tips perawatan bayi tersebut di atas agar otot santai dan tidak tegang.

Jadi, dengan mengetahui cara memijat bayi yang tepat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ibu bisa memastikan si kecil akan merasa nyaman. Ibu tidak perlu khawatir jika si kecil suka merengek nangis dan susah tidur di malam hari. Ibu tinggal memberikan pijatan setelah si kecil ibu mandikan dan ia akan lelap tidurnya. Dan ibu juga harus tahu kualitas tidur bayi itu menentukan kesehatannya lho. Jadi, ibu harus perhatikan yang satu ini jika ingin bayi sehat.

Itulah hal yang perlu ibu ketahui tentang teknik pijatan untuk bayi yang dilakukan oleh ahli seperti bidan. Pratekkan teknik pijatan tersebut di atas sebagai bagian dari perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *