Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Bahaya Kolik Pada Anak

Friso
www.friso.co.id

Ibu tahu apa itu kolik? Mungkin anak ibu pernah mengalami hal tersebut namun ibu tidak mengerti bahasa medisnya.

Kolik merupakan salah satu masalah perncernaan pada anak yang sering terjadi. Meskipun belum diketahui apa penyebab utamanya, setidaknya ada gejala yang bisa ibu ketahui bawasannya itu merupakan gejala kolik. Selain itu, ibu juga tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Sekilas Tentang Kolik

Ada yang bilang kolik itu adalah kembung. Namun, ada juga yang bilang kolik adalah masalah pada pencernaan karena alergi pada suatu hal.

Pendapat tersebut semuanya benar. Yang pasti, anak mengalami kesakitan pada bagian perut yang bisa disebabkan karena kembung atau juga alergi terhadap suatu hal tertentu.

Gejala yang Sering Terjadi

Layaknya ketika anak mengalami masalah kesehatan, ia akan cenderung menangis. Itu merupakan respon dari rasa perih atau rasa tidak nyaman yang ia rasakan.

Anak yang tiba-tiba menangis seolah-olah tidak ada alasan yang jelas, hal tersebut bisa disebabkan karena ada masalah pada perutnya. Mungkin saja itu karena kolik.

Selain menangis, gejala lainnya biasanya enggan mengkonsumsi makanan. Jika selama ini anak ibu makannya sangat mudah tapi tiba-tiba susah makan, itu bisa saja gejala kolik.

Lihat pula bagaimana reaksi si kecil ketika menangis. Apakah ia memegang perutnya? Karena anak belum bisa bicara, maka reaksi yang ia lakukan harus ibu perhatikan.

Gejala-gejala tersebut sudah cukup untuk memastikan si kecil memang mengalami masalah pada sistem pencernaannya yang disebut dengan kolik.

Cara Mengatasi Kolik

Yang pasti, butuh waktu yang cukup lama untuk mengatasi masalah yang satu ini. Karena ada yang menganggap kolik itu disebabkan karena kembung, maka ibu harus perhatikan ketika ia mengkonsumsi susu.

Jika ibu memberikan susu dengan menggunakan botol, pastikan lubang pada botol tidak terlalu kecil sehingga ia lebih banyak menyedot udara daripada susu. Hal inilah yang menyebabkan si kecil mengalami kembung.

Akan lebih baik juga jika ibu lebih banyak memberikan ASI. Jelas sekali bawasannya ASI tidak hanya sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil, tapi juga obat untuk mengatasi segala jenis masalah kesehatan pada anak.

Jika anak ibu sudah mendapatkan MPASI atau sudah balita sehingga sudah bisa mengkonsumsi jenis makanan, ibu bisa memberikan makanan yang mengandung probiotik yang tinggi. Atau, ibu bisa memberikan obat atau sumber probiotik yang bagus untuk anak.

Probiotik sangat diperlukan untuk mengatasi semua jenis masalah pada sistem pencernaan, tak terkecuali kolik. Ibu bisa konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu di www.friso.co.id agar ibu jauh lebih tahu tentang probiotik.

Yang paling penting, ibu harus memberikan kenyamanan dan kehangatan pada si kecil. Karena itulah yang dibutuhkan ketika terjadi masalah pada anak. Dengan memberikan kehangatan, maka anak akan tenang. Ia tidak panik dan semakin tersiksa dengan rasa perih yang ia rasakan pada bagian perut.

Sebenarnya kolik hanya satu dari sekian banyak masalah pencernaan yang bisa terjadi pada anak. Hal lain pun harus ibu ketahui agar ibu tahu apa yang terjadi dan bagaimana melakukan penanganan yang tepat.

Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa cara semua artikel ilmiah di Friso tentang masalah pada sistem pencernaan anak lengkap dengan solusi yang harus ibu lakukan. Dengan demikian, ibu tidak panik jika menemukan si kecil mengalami masalah kesehatan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *