7 Tips Membersihkan Make Up Tanpa Sisa

Make up kini tak hanya menjadi kesenangan tersendiri bagi wanita yang  menggunakannya. Era saat ini, make up menjadi kebutuhan baik bagi wanita pelajar maupun wanita karir. Bagi wanita karir, pemakaian make up dianggap lebih profesional dan tampil prima. Agar kulit tetap  terjaga meskipun memakai make up, inilah tips membersihkan make up hingga tuntas!

  1. Menggunakan Make Up Remover

Meskipun make up yang diaplikasikan pada wajah cenderung tipis, tetap harus menggunakan make up remover terlebih dahulu. Pemakaian remover jangan terlalu keras dan menekan karena telah dimudahkan dengan cukup mengusapkannya ke seluruh wajah secara merata. Selain itu, penggunaan remover juga akan lebih membersihkan make up hingga ke pori-pori.

Bahan riasan wajah  yang terbuat dari minyak, bisa langsung dibersihkan dengan sabun wajah. Namun, tetap masih meninggalkan sisa di pori-pori. Hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan akan menimbulkan masalah di wajah seperti jerawat dan bruntusan. Fungsi make up yang awalnya untuk mempercantik riasan berubah untuk menutup jerawat.

Make up remover sangat diwajibkan dipakai untuk make up yang waterproof. Riasan berbahan dasar ini, akan tahan lama sehingga semakin sulit dibersihkan meskipun sudah menggunakan sabun wajah. Penggunaan remover akan mengangkat sisa riasan dengan sempurna hingga ke pori-pori. Jadi, tak perlu khawatir wajah Anda menjadi berjerawat setelah memakai make up.

  1. Menggunakan Cleansing Oil

Cleansing oil bisa digunakan pertama kali atau setelah menggunakan make up remover. Cara membersihkan make up dengan beberapa kali urutan pembersihan, mulai  dari make up remover hingga toner dikenal dengan double cleansing atau triple cleansing. Pembersih make up berbahan dasar minyak  ini memudahkan pembersihan make  up dengan bahan dasar air.

  1. Menggunakan Milk Cleanser

Penggunaan milk cleanser setelah make up remover ini membuat kulit Anda lebih halus. Dapat dilihat dari  namanya yang menjelaskan bahwa pembersih satu ini mengandung susu. Jika Anda merasa sudah cukup sekali saja membersihkan make up karena make up yang terpakai tipis, Anda bisa untuk mengabaikan tips yang  satu ini.

Namun jika make up Anda waterproof, baik diaplikasikan secara tipis atau tebal, sebaiknya tetap melakukan double cleansing. Meskipun Anda merasa sudah bersih, namun make up yang  waterproof tetap masih tersisa di pori-pori wajah Anda dan area sekitar mata, hidung serta bibir. Agar make up bersih maksimal, gunakan milk cleanser setelah make up remover.

  1. Menggunakan Sabun Wajah

Pemakaian selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah. Tahapan ini tak hanya membantu  membersihkan make up dari muka, namun juga untuk mengangkat kotoran di kulit wajah. Selama beraktivitas, terutama di luar ruangan tentunya sering terpapar partikel yang  berbahaya. Perlu dibersihkan dengan sabun muka untuk mengangkat kotorannya.

Ada cara khusus untuk membersihkan muka dari make up dan radikal bebas lainnya.  Pertama, gunakan air hangat yang bertujuan membuka pori-pori untuk membantu mengeluarkan sisa make up. Kedua, ambil sedikit sabun muka, buat busa lalu ratakan pada wajah dan dipijat halus untuk membantu meresapkan dan sebagai relaksasi.

Cara yang  ketiga yaitu mendiamkan sabun yang sudah merata selama 30 hingga 60 detik. Hal ini bertujuan agar sabun wajah melakukan tugasnya yaitu mengangkat kotoran, sisa make up dan sel kulit mati di wajah. Mendiamkan di sini memiliki arti tidak langsung dibilas. Jadi, Anda tetap bisa melakukan pijatan halus  yang  berguna untuk relaksasi otot wajah.

Cara keempat, setelah kurang lebih 60 detik, wajah segera dibilas namun menggunakan air dingin. Air dingin membantu untuk menutup kembali celah pori-pori yang  telah dibuka. Pastikan saat membilas wajah, sudah tidak ada sisa busa sabun di wajah. Cara terakhir adalah mengeringkan wajah dengan handuk yang bersih dan lembut, handuk yang dikhususkan wajah.

  1. Menggunakan Toner

Tak lengkap jika membersihkan wajah menggunakan milk cleanser tidak dibarengi dengan toner. Dalam hal ini, toner digunakan untuk membersihkan sisa sabun dan kotoran (jika masih ada) di wajah. Toner lebih dianjurkan digunakan untuk tipe kulit muka berminyak. Bukan tanpa alasan, hal ini salah  satu fungsinya  yang membantu mengurangi minyak yang diproduksi lebih.

Selain untuk mencegah produksi  minyak yang berlebihan, toner juga menjaga kelembapan kulit jika dilakukan sesuai urutan pembersihan wajah. Fungsi lainnya membantu mencegah kulit terlihat kusam setelah pemakaian make up atau  setelah beraktivitas. Toner juga membantu menyegarkan kulit wajah yang seharian terkena panas sinar matahari.

  1. Utamakan Area Mata

Tips selanjutnya yaitu mengutamakan area mata terlebih dahulu saat membersihkan make up. Selain area wajah  yang paling vital, mata juga biasanya dipoleskan dengan make up yang  berbahan anti air. Seperti maskara, eyeliner ini sulit dibersihkan jika hanya dengan sabun. Kembali ke nomor satu yaitu gunakan make up remover untuk membersihkannya.

Anda hanya  perlu membasahi kapas dengan cairan yang  berfungsi sebagai make up remover. Kemudian usapkan pelan-pelan pada mata selama 30 detik sampai 1 menit. Tidak perlu keras dalam menekan dan menggosokkan kapas ke area mata. Hal ini akan menyebabkan kulit di area mata menjadi kendur. Selain itu, dapat merusak dan merontokkan bulu mata.

  1. Menggunakan Alat Bersih Wajah Elektrik

Cara menghapus make up yang efektif serta lebih efisien ini menggunakan alat elektrik saat membersihkan wajah. Alat ini biasanya digunakan pada saat mencuci wajah  dengan facial foam. Selain membantu mengangkat sisa kotoran dan make up di wajah, alat  ini juga membantu mengangkat  sel kulit mati. Efek relaksasi bisa dirasakan saat menggunakan alat ini.

Itulah ketujuh tips membersihkan make up hingga tak tersisa di wajah. Selalu ingat untuk memilih pembersih yang disesuaikan dengan tipe kulit Anda masing-masing. Hal ini bertujuan agar mendapat hasil maksimal. Jangan sampai lupa untuk menggunakan pembersih setelah memakai make up. Mulailah sekarang jika Anda belum pernah mencobanya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *