Mau Desain Eksterior Sendiri? Pertimbangkan 3 Hal Ini

Banyak sekali orang yang ingin membuat desain untuk hunian sendiri, entah itu desain interior maupun desain eksterior. Mereka ingin menuangkan apa yang ada di benak mereka mengenai hunian impian menjadi sebuah kenyataan. Alasan inilah yang membuat mereka ingin membuat desain rumah sendiri.

Mungkin Anda juga memiliki niat yang sama. Akan tetapi, ada sedikit keraguan. Anda buat desainer sehingga Anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri.

Ada banyak sekali orang seperti Anda. Yang pasti, tanpa mengetahui bagaimana membuat desain atau bagaimana cara mengoperasikan software desain, Anda bisa menentukan desain rumah Anda sendiri. Khusus untuk desain eksterior, setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu tampilan yang diinginkan, kesesuaian, dan ciri rumah yang diharapkan.

3 Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan

  1. Tampilan Eksterior yang Diharapkan

Eksterior rumah memberikan kesan bagaimana desain di dalamnya. Bisa dikatakan tampilan luar rumah menentukan bagaimana ruangan di dalamnya. Untuk itu, ada baiknya Anda benar-benar memperhatikan seperti apa yang ingin Anda tampilkan untuk bagian luar rumah.

Saat ini, yang paling diminati adalah desain eksterior minimalis. Karena bagian luarnya minimalis, bagian dalam rumah juga sama. Ini lebih menekankan pada garis lurus dengan perpaduan warna tembok yang tidak terlalu kompleks.

Namun, ada juga alternatif lainnya. Misalnya saja Anda ingin memiliki rumah dengan desain luar ala rustic atau industrial. Ini juga bukan pilihan yang salah. Yang pasti, saat Anda ingin mendesain eksterior rumah, pastikan dulu tampilan seperti apa yang Anda harapkan.

Tampilan tidak hanya sekedar bagaimana rumah dilihat dari luar. Tampilan yang Anda buat harus disesuaikan dengan fungsi. Misalnya saja di bagian depan Anda ingin menonjolkan teras yang luas. Mungkin teras tersebut Anda akan gunakan untuk menjamu tamu. Atau Anda ingin garasi yang berada di dalam bagian utama rumah, bukan di luar rumah. Fungsi seperti ini juga menentukan tampilan eksterior rumah Anda akan seperti apa.

  • Menyesuaikan dengan Furnitur

Saat membuat desain eksterior, Anda juga harus padukan dengan furnitur yang Anda ingin pasang. Seperti contoh, jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain rustic, maka Anda harus pikirkan furnitur seperti apa yang dibutuhkan. Jangan sampai desain luar rumah tidak match dengan furnitur yang digunakan. Desain rumah Anda menjadi tidak jelas.

Maka dari itu, sebaiknya Anda juga hunting furnitur saat memikirkan desain eksterior rumah Anda. Jadi, Anda nantinya tidak perlu bingung saat mau melengkapi bagian luar dengan furnitur.

  • Ciri Khas Rumah

Di bagian eksterior, sebaiknya Anda juga memikirkan satu hal yang jadi ciri khas. Ini bisa bermacam-macam. Misalnya saja Anda bisa membuat gazebo kecil di bagian depan pojok rumah. Atau Anda bisa desain teras dengan taman yang penuh dengan bunga yang indah.

Pertimbangkan pula mengenai warna tembok. Karena warna tembok bisa menjadi ciri khas tersendiri. Yang sekarang cukup tren adalah tembok yang dilapisi dengan batu alam. Sementara itu, lantainya terbuat dari keramik yang disesuaikan dengan tampilan tembok. Ada banyak sekali pilihan keramik untuk teras rumah yang bisa Anda pilih.

Jika Anda ingin menunjukkan kesan minimalis, keramik warna hitam menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, jika Anda menginginkan teras yang terlihat begitu cerah, Anda bisa pilih keramik motif simetris yang warnanya cerah. Desain lantai eksterior dengan menggunakan keramik yang tepat bisa menjadi ciri khas dari rumah Anda.

Mengenal 3 Zona Eksterior Rumah

Tahukah Anda jika desain eksterior rumah itu dibagi menjadi 3 zona? Zona pertama adalah zona yang memberikan rasa aman. Zona ini bisa berupa pagar, gerbang, atau gapura. Mana yang akan Anda gunakan harus disesuaikan dengan luas tanah dan juga desain rumah seperti apa yang Anda inginkan.

Untuk rumah minimalis, biasanya bagian paling luar berupa pagar. Dan pagar pun tidak begitu tinggi. Ini lebih hanya dijadikan sebagai pembatas area tanah pemilik rumah saja. Sementara itu, rumah diamankan dengan cara memasang kamera CCTV di bagian tertentu.

Namun, jika Anda ingin memiliki rumah dengan desain yang mewah, Anda bisa pilih untuk membangun gapura. Ini akan sangat menunjukkan kesan mewah pada rumah Anda.

Zona yang kedua itu bisa berupa taman atau carport. Jadi, setelah gerbang atau gapura, masih ada jeda untuk sampai di bangunan rumah utama. Ini bisa berupa carport atau taman. Anda bisa sesuaikan dengan lahan yang ada.

Zona ketiga adalah fasade. Ini bisa berupa atap atau dinding pembentuk ruangan. Ketiga zona ini harus Anda ketahui dan tentukan saat ingin membuat desain eksterior. Dengan memasukkan ketiga zona ini, Anda akan lebih mudah membayangkan tampilan depan rumah Anda nantinya seperti apa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *